Doc Makalah Tentang Penyembelihan Hewan Aqiqah Dan Qurban Nurul Qutwatul Academia Edu

Doc Makalah Tentang Penyembelihan Hewan Aqiqah Dan Qurban Nurul Qutwatul Academia Edu

Kesimpulan tentang qurban dan aqiqah. Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wataala karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Aqiqoh dan Qurban. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.

Aqiqoh merupakan penyembelihan kambing dimana saat anak dilahirkan pada hari ketujuh. Dan hukumnya sunnah muakad.

Dan hendaklah orang yang berqurban melaksanakan qurban karena Allah semata. Jadi niatnya haruslah ikhlas lillahi taala yang lahir dari ketaqwaan yang mendalam dalam dada kita.

KETENTUAN QURBAN 31 Jenis dan Syarat Hewan Qurban Hewan untuk dijadikan qurban adalah hewan yang tidak cacat seperti pincang buta terpotong telinga dan telah memenuhi syarat. Hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan qurban adalah kambing sapi kerbau dan unta.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang Qurab Dan Aqiqah yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan.

Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Ibadah qurban dan aqiqah yaitu dua ibadah dalam islam yang terkait dengan penyembelihan binatang.

Kedua ibadah ini terkadang dikesankan sama padahal diantara keduanya terdapat banyak perbedaan terutama tentang ketentuan-ketentuan dasarnya. Sudah tahukah kamu apa pengertian qurban dan aqiqah.

Banyak orang yang belum paham benar mengenai kedua amalan ibadah dalam Islam ini. Masih banyak umat Muslim yang menyamakan antara qurban dan aqiqah padahal keduanya sangat berbeda.

Qurban dan aqiqah mempunyai satu kesamaan saja yaitu hukum melakukannya. Hukum qurban dan aqiqah adalah sunah muakad atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Setelah kita ketahui pengertian serta sejarah singkat mengenai aqiqah dan qurban. Maka kita bisa dapat kesimpulan bahwa keduanya merupakan bentuk ibadah kepada Allah.

Aqiqah adalah wujud rasa syukur atas kelahiran sang buah hati. Berdasarkan penjelasan singkat qurban dan aqiqah diatas dapat diambil beberapa kesimpulan.

Aqiqah tidak harus dilaksanakan di hari ketujuh kelahiran anak semua dapat diserahkan kepada kemampuan atau kelapangan rizki orangtua yang mengaqiqahi anak bahkan dapat dilakukan sendiri ketika besar atau baligh. Para ulama besar berbeda pendapat tentang hukum berqurban.

Madzhab Imam Malik Imam Asy-Syafii Imam Ahmad dan yang lainnya menyatakan sunnah melaksanakan ibadah qurban. Madzhab Imam Asy-Syafii mengatakan sunnah muakkadah sangat ditekankan dan diusahakan tidak ditinggalkan kecuali ada udzur.

Aqiqah bermaksud memotong hewan seperi kambing pada hari ke-7 saat kelahiran jabang bayi. Berdasarkan bahasa aqiqah bermaksud menyembelih.

Hukum akikah ialah sunah muakkad menurut orang yang mampu dan seperti ulama mengatakan maka aqiqah ialah wajib. Bila aqiqah diakui sebagai Sunnah Rasulullah saw apakah esensi sunnahnya terletak pada hari pelaksanaannya ataukah pada hewan yang disembelih ataukah jumlah hewan yang disembelih untuk bayi laki-laki dua ekor kambing dan satu ekor kambing untuk bayi perempuan ataukah terletak pada aspek lainnya misalnya nilai syukur atas kelahiran sang bayi.

Pengertian Qurban Secara Lengkap Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul AdhaPada hari itu umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. At Tirmidzi Abdurrahman 1990 Berdasarkan hadits itu Imam Ahmad bin Hambal Abuz Zanad dan Ibnu Taimiyah berpendapatMenyembelih hewan pada hari raya Qurban aqiqah setelah mendapat anak dan hadyu ketika haji lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama Al Jabari 1994.

Dari pengertian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan qurban lebih diutamakan daripada pelaksanaan aqiqah. Dengan begitu jelas bahwa melaksanakan qurban sebelum aqiqah diizinkan.

Siapa yang Menjadi Objek Qurban dan Aqiqah. Dari penjelasan di atas tidak jadi masalah ketika orang yang belum diaqiqahi sewaktu kecil boleh melakukan qurban.

Karena aqiqah bukan syarat sah qurban. Kemudian apakah kurban yang dilakukan bisa mencukupi aqiqah.

Berdasarkan hadits itu Imam Ahmad bin Hambal Abuz Zanad dan Ibnu Taimiyah berpendapatMenyembelih hewan pada hari raya Qurban aqiqah setelah mendapat anak dan hadyu ketika haji lebih utama daripada shadaqah yang nilainya sama Al Jabari 1994. MAKALAH TENTANG QURBAN.

Sehingga ada yang memandang ringan walaupun mempunyai kemampuan tetapi tidak mahu melakukan penyembelihan qorban dan aqiqah ini. Begitulah masalah berqurban yang akan coba kita jelaskan.

Semoga dengan penjelasan yang serba sedikit ini dapat membantu kefahaman kita semua tentang ibadah Qurban serta keinginan untuk sama. Kini Aqiqah Berkah menyediakan Paket Aqiqah dan Catering serta pemesanan hewan qurban.

Jadi untuk anda semua yang akan melakasanakan aqiqah atau sedang mencari hewan qurban silahkan hubungi nomor layanan Aqiqah Berkah dibawah ini atau bisa datang langsung ke kantor Aqiqah Berkah. 0857 4962 2504 HPWA.

Qurban dan Aqiqah adalah ibadah yang memiliki kesamaan walaupun secara tujuan memiliki perbedaan. Perintah berkurban tentunya sangat disarankan bagi umat muslim sebagai bentuk latihan keikhlasan dan pengorbanan serta mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Kabiyah bahwa ia bertanya kepada rasulullah tentang akikah. Dia bersabda Bagi anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi anak perempuan disembelihkan satu ekor dan tidak akan membahayakan kamu sekalian apakah sembelihan itu jantan atau betina.

www.academia.edu