Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Docx

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Docx

Kesimpulan tentang wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia. Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu bangsa dalam mencapai tujuannyaSelain fungsi diatas wawasan nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia. Wawasan Nusantara merupakan sebuah cara pandang Bangsa Indonesia rakyat bangsa dan juga wilayah NKRI yang meliputi darat laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik Ekonomi Sosial Budaya dan juga Pertahanan Keamanan.

Hingga akhirnya wawasan nasional tersebut menjadi pandangan atau bisa dibilang visi suatu bangsa dalam menuju tuannya. Meski di pandang sebagai visi namun.

Sebagai masyarakat bangsa Indonesia yang telah mempelajari dan memahami Wawasan Nusantara kita seharusnya mampu mengubah cara pandang dan sikap Bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sebagai wawasan nasional dari bangsa Indonesia maka wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan laut dan udara di atasnya dipandang sebagai aspek penting dalam Wawasan Nasional dan Geopolitik Indonesia.

Wawasan nusantara bangsa Indonesia didasarkan pada keadaan lingkungan tempat tinggalnya yang menghasilkan konsepsi wawasan nusantara. Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia secara umum dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan penjelasan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia.

Dalam pembahasannya kita juga akan melengkapi dengan menyajikan Hakikat dan Kedudukan Wawasan Nusantara Pengertian Geopolitik Teori-Teori Geopolitik serta masih banyak lagi. Dan Indonesia bisa bisa disebut sebagai Benua Maritim IndonesiaWilayah Negara Indonesia tersebut dituangkan secara yuridis formal dalam Pasal 25A UUD 1945 Amandemen IVAtas dasar itulah Indonesia mengembangkan paham geopolitik nasionalnya yaitu Wawasan NusantaraDan secara historis wilayah Indonesia sebelumnya adalah wilayah bekas jajahan.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Nusantara archipelagic dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut. Laut yang menghubungkan dan mempersatukan pulau-pulau yang tersebar di seantero khatulistiwa.

Sebagai suatu konsepsi politik yang di dasarkan pada pertimbangan konstelasi geografis wawasan nusantara dapat di katakan merupakan penerapan teori geopolitik dari bangsa Indonesia. Dengan demikian wawasan nusantara selanjutnya menjadi landasan penentuan kebijaksanaan politik Negara.

Contoh Makalah PKn. WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui.

Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesiakarena telah.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia 27 Q. Pengertian Geopolitik 28.

Kesimpulan 34 DAFTAR PUTAKA 35. 4 BAB I PENDAHULUAN 11 LATAR BELAKANG MASALAH Secara konsepsional wawasan nusantara Wawasan merupakan wawasan nasionalnya bangsa Indonesia.

Merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan. Ada tiga faktor yang melandasi pemikiran Wawasan Nusantara yaitu geografi geopolitik dan geostrategis.

Latar belakang historis dan yuridis formal. Dalam konteks geografis geopolitik dan geostrategi Indonesia memandang wilayahnya dari segi geografi dan demografi sebagai negara terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia. Wawasan Nusantara adalah pandangan untuk menjadi bangsa yang satu dan utuh dalam satu kesatuan republik Indonesia.

Untuk mencapai tujuan nasional maka diperlukan suatu paham geopolitik dan dikembangkan menjadi wawasan nusantara dan diwujudkan sebagai satu kesatuan politik ekonomi sosial budaya. Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Konsep Dasar Wawasan Nusantara Pemerintah dan rakyat memerlukan konsepsi berupa wawasan nasional untuk menyelenggarakan kehidupannya.

Wawasan ini dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup keutuhan wilayah serta jati diri Kehidupan suatu bangsa dan negara senantias dipengaruhi oleh perkembangan lingkungan strategis. 11 Pengertian dan Latar Belakang Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap rakyat bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik Ekonomi Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi. Kedudukan Wawasan Nusantara Dalam sistem kehidupan nasional Indonesia sebagai paradigma kehidupan nasional Indonesia yang urutannya sebagai berikut.

Pancasila sebagai falsafah ideologi bangsa dan dasar negara. UUD 1945 sebagai konstitusi negara.

Wawasan Nusantara sebagai geopolitik bangsa Indonesia. Serta dalam tujuannya wawasan nusantara digunakan sebagai cara untuk mewujudkan kerukunan dan persatuan indonesia sesuai dengan sila ke 3 pancasila dan sesuai pesan bhineka tunggal ika.

Sebutkan paham kekuasaan Bangsa indonesia Paham bangsa indonesia yang berfilsafah dan berideologi pancasila menganut paham tentang perang dan damai. Artinya bahwa Wawasan Nusantara adalah pandangan geopolitik Indonesia dalam mengartikan tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.

Sedangkan kesatuan Hankamneg mengandung arti bahwa ancaman terhadap sebagian wilayah dimana pun pada hakikatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa. Fungsi wawasan nusantara sebagai pembangunan nasional adalah mencakup kesatuan politik sosial dan ekonomi sosial dan politik dan kesatuan pertahanan dan keamanan.

Fungsi wawasan nusantara sebagai pertahanan dan keamanan adalah pandangan geopolitik Indonesia sebagai satu kesatuan pada seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara. Tujuan Wawasan Nusantara Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia.

Sebagai Geopolitik Indonesia Kedalam Tujuan wawasan nusantara yang kedua adalah sebagai geopolitik Indonesia ke dalam yaitu dengan menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional baik aspek alamiah maupun aspek sosial.

id.scribd.com