Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara

Kesimpulan wawasan nusantara cagar budaya bangsa. Wawasan Nusantara Adalah-Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.

Tujuan dari wawasan nusantara tersebut yaitu mewujudkan nasioanalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasioanal dari pada kepentingan individu kelompok golongan suku bangsa atau daerah. Bangsa Indonesia memiliki berbagai budaya yang tersebar diseluruh wilayah.

Dengan konsep Wawasan Nusantara secara geografis kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan yang utuh dengan melihat kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan Hankam. Wawasan Nusantara Sebagai Satu Kesatuan Pertahanan dan Keamanan.

Tujuan ke dalam Wawasan Nusantara adalah untuk mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografisnya menurut Pancasila dan UUD 1945 Fungsi Wawasan nusantara secara umum yaitu sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu dalam menentukan segala kebijaksanaan keputusan tindakan dan perbuatan bagi penyelenggaraan negara di pusat dan.

Contoh Makalah PKn. WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui.

Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957. Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesiakarena telah.

Wawasan nusantara sebagai geopolitik dan landasan visional bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan perwujudan ideologi pancasila. Wawasan nusantara mengarahkan visi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kesatuan dan keserasian dalam berbagai bidang kehidupan nasional seperti bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan Nusantara sebagai pandangan bangsa Indonesia yang dibangun atas pandangan geopolitik bangsa terhadap lingkungan tempat tinggalnya secara keseluruhan. Konsep Wawasan Nusantara yang berdasarkan segi historis dan geografis sosial budaya menegaskan bahwa Indonesia dengan kebhinekaannya adalah satu kesatuan yang saling terpaut.

Wawasan nusantara Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945Dalam pelaksanannya wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Menurut ketetapan MPR tahun 1993 dan 1998 tentang GBHN wawasan nusantara merupakan.

Seiring dengan kesimpulan di atas maka dapat kami sarankan kepada Pemerintah a supaya mengerahkan semua sumberdaya yang dimilikinya untuk melestarikan cagar budaya yang merupakan akar budaya bangsa supaya ke depan bangsa kita tidak kehilangan jatidiri di tengah-tengah pergaulan dunia yang sangat tidak menentu. B memberdayakan seluruh.

Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala bidangaspek kehidupan dari rakyat Indonesia yang lebih mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan orang perorangan kelompok golongan suku bangsa atau daerah. Tujuan Wawasan Nusantara bisa dibedakan menjadi dua yaitu.

Berkaitan dengan wawasan nusantara yang syarat dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan di bentuk dalam proses panjang sejarah perjuangan bangsa apakah wawasan bangsa Indonesia tentang persatuan dan kesatuan itu akan terhanyut tanpa bekas atau akan tetap kokoh dan mampu bertahan dalam terpaan nilai global yang menantang Wawasan Persatuan. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat agar tidak terjadi penyesatan dan penyimpangan dalam upaya mencapai serta mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional.

Wawasan nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari stratifikasinya. Pengertian Wawasan Nusantara ini merupakan cara pandang serta sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan juga bentuk geografinya dengan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai serta mengutamakan kebhinekaan di dalam mencapai tujuan nasional.

Imlementasi wawasan nusantara bertujuan untuk menerapkan wawasan nusantara dalam kehidupan sehari-hari yang mencakup Aspek politik ekonomi sosial budaya serta pertahanan nasional. Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh yaitu.

Wawasan Nusantara dan Integrasi Wilayah Wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia yang melihat Indonesia sebagai kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan hankam merupakan landasan dan dasar bagi bangsa Indonesia dalam menyelesaikan segala masalah dan hekikat ancaman yang timbul baik dari luar maupun dari. Kesimpulan Wawasan Nusantara sebagai pandangan bangsa Indonesia yang dibangun atas pandangan geopolitik bangsa terhadap lingkungan tempat tinggalnya secara keseluruhan.

Konsep Wawasan Nusantara yang berdasarkan segi historis dan geografis sosial budaya menegaskan bahwa Indonesia dengan kebhinekaannya adalah satu kesatuan yang saling terpaut. Wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa dalam menuju tujuan dan cita-cita nasionalnya. Wawasan nusantara sebagai cara pandang bangsa Indonesia dengan melihat dari berbagai aspek seperti sosial ekonomi poltik budaya hingga pertahanan dan keamanan merupakan dasar bagi bangsa Indonesia untuk menyelesaikan beberapa masalah yang terjadi di Indonesia.

Dari definisi atau pengertian wawasan nusantara tersebut di atas didapatkan suatu kedudukan atau fungsi wawasan nusantara. Cara pandang yang digunakan tersebutlah yang menghasilkan wawasan nasional kemudian dijadikan sebagai pandangan atau visi sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu bangsa dalam mencapai dan mewujudkan.

Wilayah Nusantara tersusun dari gugusan dari pulau-pulau besar dan kecil membentang di tengah khatulistiwa dengan kekayaan sumber daya alam dan budayanya. Dengan memerhatikan arti wawasan nsuantara tersebut maka dapat menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya wawasan nusantara memiliki empat makna yaitu.

www.slideshare.net