Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa

Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa

Laporan kimia titrasi asam basa sma. Titrasi yang melibatkan reaksi antara asam dan basa disebut Titrasi Asam-Basa atau Asidi Alkalimetri. Ekuivalen adalah titik atau keadaan dimana antara analit dengan larutan standar tepat bereaksi secara stoikiometri atau titik dimana saat mol larutan yang dititrasi sama dengan mol larutan yang digunakan untuk menitrasi seimbang.

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA UJI KADAR ASAM BASA DAN TITRASI Disusun Oleh. Ailsya Anargya Ardiyanti 02 Alicia Rahma Azizah 03 Anju Puteri Kamila 05 Bie Haq Qillah 07 Dhimas Rizky H 06 Mayang Ananta Putri 20 DINAS PENDIIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN JEMBER SMA NEGERI 1 JEMBER 2020 BAB I.

DASAR MATERI 11 Teori Asam Basa 111 Teori Asam Basa Arrhenius Teori ini pertama kalinya dikemukakan pada tahun 1884 oleh Svante August Arrhenius. Titrasi dilakukan dengan cara mereaksikan sedikit demi sedikit atau tetes demi tetes larutan basa atau asam melalui buret ke dalam larutan asam atau basa dengan volume tertentu yang terletak dalam labu erlenmeyer sambil digoyang sampai keduanya tepat habis bereaksi ditandai dengan berubahnya warna indikatorTepat pada saat warna indikator.

Titrasi asam basa disebut juga titrasi adisi alkalimetri. Kadar atau konsentrasi asam basa larutan dapat ditentukan dengan metode volumetri dengan teknik titrasi asam basa.

Volumetri adalah teknik analisis kimia kuantitatif untuk menetapkan kadar sampel dengan pengukuran volume larutan yang terlibat reaksi berdasarkan kesetaraan kimia. Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa Praktikum Titrasi Asam Basa Strandarisasi larutan NaOH pembuatan larutan NaOH titrasi HCl dengan NaOH Laporan Berikut ini merupakan laporan yang admin Laporanpraktikumid susun dari berbagai sumber dan referensi semoga laporan ini dapat membantu pembaca semuanya.

Demikian juga titik akhir titrasi akan tajam pada titirasi asam atau basa lemah jika penitrasian adalah basa atau asam kuat dengan perbandingan tetapan disosiasi asam lebih besar dari 10 4 pH berubah secara drastis bila volume titrannya. Pada reaksi asam basa proton ditransfer dari satu molekul ke molekul lain.

Memakai indikator asam basa. Indikator ditambahkan pada titrant sebelum proses titrasi dilakukan.

Indikator ini akan berubah warna ketika titik ekuivalen terjadi pada saat inilah titrasi kita hentikan. Jenis-jenis titrasi asam basa Titrasi asam basa terbagi menjadi 5 jenis yaitu.

Titrasi biasanya dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi sebagai contoh bila melibatkan reaksi asam basa maka disebut sebagai titrasi asam basa atau aside alkalimetri titrasi redox untuk titrasi yang melibatkan reaksi reduksi oksidasi titrasi kompleksometri untuk titrasi yang melibatkan pembentukan reaksi kompleks dan lain sebagainya. LAPORAN PRAKTIKUM IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM DAN BASA Mata kuliah.

Kimia Dasar I Dosen Pengampu. Kartimi MPd Disusun oleh.

Reiza Fitri Yulia Nim. IPA-Biologi B1 Asisten Praktikum.

Titrasi Asam Kuat dengan Basa Kuat. Tujuan Praktikum Melakukan titrasi asam kuat dengan basa kuat.

Landasan Teori Titrasi Titrasi merupakan salah satu metode untuk menentukan konsentrasi suatu larutan dengan cara mereaksikan sejumlah volume tersebut dengan sejumlah volume larutan lain yang konsentrasinya sudah diketahui Justiana dan Muhtaridi 2009. Titrasi asam basa adalah suatu prosedur untuk menentukan kadar pH suatu larutan asambasa berdasarkan reaksi asam basa.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa mari perhatikan Daftar Isi berikut. Titrasi merupakan suatu metode untuk menentukan kadar suatu zat dengan menggunakan zat lain yang sudah diketahui konsentrasinya.

Titrasi biasanya dibedakan berdasarkan jenis reaksi yang terlibat di dalam proses titrasi sebagai contoh bila melibatkan reaksi asam basa basa maka disebut titrasi asam basa titrasi redoks untuk titrasi yang melibatkan reaksi reduksi oksidasi titrasi. Laporan praktikum kimia titrasi asam dan basa disusun oleh bima bagaskara sma negeri 1 pesanggaran jl.

Pesanggaran no50 pesanggaran banyuwangi 2. KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan dengan baik.

Puji syukur kami panjatkan ke-hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya kami yang masih dalam tahapan belajar ini dapat menyelesaikan laporan kimia tentang titrasi asam-basa. Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai penjelasan secara singkat tentang titrasi asam-basa.

Dalam menentukan kadar asam cuka metode titrasi yang digunakan adalah titrasi asam basa. Titrasi asam basa adalah penentuan kadar suatu larutan basa dengan larutan asam yang diketahui kadarnya atau sebaliknya kadar suatu larutan asam dengan larutan basa yang diketahui dengan didasarkan pada reaksi netralisasi.

Titrasi harus dilakukan hingga mencapai titik ekivalen yaitu keadaan di mana. Laporan resmi praktikum materi dan energi konstanta keasaman dan titrasi asam basa.

Program studi biologi fakultas bioteknologi. Universitas kristen duta wacana yogyakarta.

Video ini berisi penjelasan tentang titrasi asam basa yang disertai ilustrasi gambar dan contoh-contoh soalSemoga video ini bermanfaatTerimakasih. Pada artikel pelajaran Kimia SMA kelas XI ini akan dibahas tentang apa itu titrasi asam basa.

Mulai dari pengertian dan juga kurva titrasi yang akan di bahas pada artikel ini. LAPORAN PRAKTIKUM TITRASI ASAM-BASA.

I Judul Percobaan. Titrasi Asam-Basa II HariTanggal Percobaan.

4 November 2015 III Tujuan Percobaan. Menentukan konsentrasi larutan NaOH dengan larutan baku asam oksalat.

Soal Latihan UN KIMIA SMA 2012 final 54 0 6 LAPORAN RESMI PRAKTIKUM DASAR TEKNIK KIM 2 44. Demikian juga titik akhir titrasi akan tajam pada titirasi asam atau basa lemah jika penitrasian adalah basa atau asam kuat dengan perbandingan tetapan disosiasi asam lebih besar dari 10 4.

PH berubah secara drastis bila volume titrannya. Pada reaksi asam basa proton ditransfer dari satu molekul ke molekul lain.

www.slideshare.net