Situs Resmi Bpkp 2021

Situs Resmi Bpkp 2021

Laporan operasional pemda. Perbedaan signifikan PP 242005 dan PP 712010 praktis hanya terletak pada Standar Akuntansi tentang Laporan Operasional LO. Akuntansi LO Pemda berada pada tataran Pejabat Pengelola Keuangan Daerah PPKD dan tataran Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD.

Inilah Wacana Tentang Akuntansi PPKD. Laporan Operasional menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusatdaerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

Dua unsur yang dicakup secara langsung dalam Laporan Operasional terdiri dari pendapatan-LO beban transfer dan pospos luar biasa. Akuntansi Pendapatan PEMDA berbasis akrual penuh sesuai PP.

PENYAJIAN Pendapatan LO disajikan pada Laporan Operasional sesuai klasifikasi dalam BAS PEMERINTAH PROVINSI LAPORAN OPERASIONAL UNTUK TAHUN YANG BERAKHIR SAMPAI DENGAN 31 DESEMBER 20X1 dan 20X0 No URAIAN 20X1 20X0 Dalam rupiah Kenaikan Penurunan KEGIATAN. Laporan Operasional LO Pendapatan-LO Beban Transfer Pos Luar Biasa 3.

Laporan Perubahan Ekuitas LPE Kenaikan dan penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan tahun sebelumnya 4. Laporan Arus Kas Penerimaan Kas Pengeluaran Kas 5.

Laporan Operasional adalah salah satu unsur laporan keuangan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusatdaerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Unsur yang dicakup secara langsung dalam Laporan Operasional terdiri atas.

Laporan Operasional dijelaskan lebih lanjut dalam Catatan atas Laporan Keuangan yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas keuangan selama satu tahun seperti kebijakan fiskal dan moneter serta daftar-daftar yang merinci lebih lanjut angka-angka yang dianggap perlu untuk dijelaskan. Definisi Laporan Operasional Laporan Operasional menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya yang dikelola oleh pemerintah pusatdaerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan.

Website resmi PPID DKI Jakarta. PPID DKI JAKARTA Jl.

Medan Merdeka Selatan No8-9 Jakarta DKI Jakarta 10110 Telp. 62 21 382 3252 382 3146 - Fax.

62 21 382 3252 Email. Laporan Operasional LO menyediakan informasi mengenai seluruh kegiatan operasional keuangan entitas pelaporan yang tercerminkan dalam pendapatan-LO beban dan surplusdefisit operasional dari suatu entitas pelaporan yang penyajiannya disandingkan dengan periode sebelumnya.

Laporan Operasional LO merupakan laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaannya dikelola oleh pemerintah daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintahan dalam satu periode pelaporan. Laporan Operasional dijelaskan lebih lanjut dalam Catatan atas Laporan Keuangan yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan aktivitas keuangan selama satu tahun seperti kebijakan fiskal dan moneter serta daftar daftar yang merinci lebih lanjut angka-angka yang dianggap perlu untuk dijelaskan.

Sedangkan pada laporan perubahaan ekuitas perusahaan terdiri atas akun modal saham saldo labadefisit dan koprehensif lainnya. Pada CALK Pemda DIY menyajikan informasi tentang penjelasan daftar terinci analisis atas nilai suatu pos yang disajikan dalam LRA neraca laporan operasional dan laporan perubahan ekuitas berbeda pada CaLK PT.

Laporan Operasional LO pada basis akrual pemda menyajikan informasi mengenai pendapatan yang diperoleh oleh SKPD selama tahun berjalan Beban operasional yang meliputi Beban gaji dan tunjangan Beban Barang ATK Beban Barang dan Jasa Obat-obatan Beban Jasa serta Beban Penyusutan. PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PEMDA BERBASIS AKRUAL BERBANTUAN KOMPUTER.

Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Cimahi. PENDAHULUAN Sesuai amanat pasal 10 ayat 2 Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah pemerintah daerah harus telah mengimplementasikan akuntansi berbasis akrual paling lambat.

Laporan Operasional berguna sebagai dasar evaluasi kinerja perolehan pendapatan Pemda sesuai Paragraf 6 ayat c tentang Laporan Operasional pada Lampiran I13 PSAP 12 SAP Berbasis Akrual. Cara penggunaan untuk evaluasi tidak dijelaskan pada standar.

Pendapatan dalam bentuk barang atau jasa diakui dalam LO sesuai Paragraf 57. Laporan Operasional Laporan yang menyajikan iktisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dan penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat untuk kegiatan peyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan.

Laporan Perubahan Ekuitas Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun. LAPORAN KEUANGAN PEMDA PP 712010 Pendapatan-LO Beban Pendapatan-LRA Belanja Aset Tetap Penyusutan Aset Lainnya Kas Setara Kas Piutang Persediaan Investasi Jangka.

LAPORAN OPERASIONAL Input cost dari program kegiatan Output keluaran Outcome Hasil efektivitas efisien ekonomi Laporan Operasional. Neraca Laporan Operasional Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Penyusunan Laporan Keuangan BPKP mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan dan berdasarkan kaidah-kaidah pengelolaan keuangan yang sehat dalam pemerintahan. Meliputi Neraca Laporan Realisasi Anggaran Laporan Operasional dan Laporan Perubahan Ekuitas serta Catatan atas Laporan Keuangan.

Kesemua laporan tersebut harus disusun dan disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah SAP berbasis akrual sebagaimana dipersyaratkan oleh PP No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah yang.

Laporan Keuangan pemda disusun dengan asumsi bahwa pemda akan berlanjut keberadaannya dan tidak bermaksud untuk melakukan likuidasi c. Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Menurut Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintahan karakteristik kualitatif pelaporan keuangan adalah ukuran-ukuran normative yang perlu diwujudkan dalam informasi akuntansi sehingga dapat memenuhi tujuannya.

www.bpkp.go.id