Pembibitan Kelapa Sawit Elaeis Guineensis Jacq

Pembibitan Kelapa Sawit Elaeis Guineensis Jacq

Laporan pembibitan kelapa sawit pdf. Laporan Magang Di Perkebunan Kelapa Sawit PT. SINP-PBNA Astra Agro Lestari AALpdf.

Laporan magang teknik pembibitan kelapa sawit dan analisis biaya pembibitan kelapa sawit di pt. Rambang agro jaya ahmad makhrusin 05121001060 program studi agribisnis fakultas pertanian universitas sriwijaya 2015 ringkasan ahmad makhrusin.

Ukuran polibeg pembibitan awal. 22 x 14 cm tebal 007 mm hitamputih berlubang O 03 cm sebanyak 24 buah.

Ukuran polibeg pembibitan utama. 50 x 40 cm tebal 02 mm hitam berlubang O 05 cm sebanyak 60 buah.

Tanah lapisan atas menggunakan top soil. Laporan magang pembibitan kelapa sawit pdf.

Oleh lahan Diposting pada 26122020. Pembibitan Kelapa Sawit Pembibitan dapat dilakukan dengan satu tahap atau dua tahap pekerjaan.

Pembibitan satu tahap berarti kecambah kelapa sawit langsung ditanam di polibag besar atau langsung di pembibitan utama. Pedoman Budidaya Kelapa Sawit Elaeis guineensis Yang Baik sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan ini.

Pasal 2 Pedoman Budidaya Kelapa Sawit Elaeis guineensis Yang Baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 sebagai acuan dalam pembinaan dan pengembangan budidaya tanaman kelapa sawit. Pembibitan merupakan awal kegiatan lapangan yang harus dimulai paling lambat satu tahun sebelum penanaman di lapangan.

Standar yang biasa dilakukan kapasitas pembibitan 1 ha kelapa sawit dapat menyediakan bibit tanaman untuk kebun seluas 71 ha. Lokasi pembibitan harus mendapat perhatian terutama hal-hal sebagai berikut.

Pembibitan satu tahap berarti kecambah kelapa sawit langsung ditanam di polibag besar atau langsung di pembibitan utama main nursery. Pebibitan dua tahap artinya penanaman kecambah dilakukan di pembibitan awal prenursery terlebih dahulu menggunakan polibag kecil serta naungan kemudian dipindahkan ke main nursery ketika berumur 3-4 bulan.

Kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis dengan curah hujan 2000 mmtahun dan kisaran suhu 22C - 32 C. Kelapa sawit mengandung lebih kurang 80 persen perikrap dan 20 persen buah yang dilapisi kulit yang tipis.

Kadar minyak dalamperikarp sekitar 30-40 persen. Minyak kelapa sawit adalah lemak semi padat yang mempunyai.

Pembibitan utama main nursery merupakan penanaman kecambah kelapa sawit langsung dilakukan ke pembibitan utama 5. Pemelihaarn pada pembibitan kelapa sawit terdiri dari.

Penyiraman penyiangan pengawasan dan seleksi dan pemupukan 16. Panduan Lengkap Kelapa Sawit.

BUDIDAYA KELAPA Cocos Nucifera L Kelapa merupakan tanaman perkebunanindustri berupa pohon batang lurus dari famili Palmae. Ada dua pendapat mengenai asal usul kelapa yaitu dari Amerika Selatan menurut DF.

PEMBIBITAN Persyaratan Benih Syarat pohon induk adalah berumur 20-40 tahun produksi tinggi 80-120 butirpohontahun. Pembibitan satu tahap berarti kecambah kelapa sawit langsung ditanam di polibag besar atau langsung di pembibitan utama main nursery.

Pebibitan dua tahap artinya penanaman kecambah dilakukan di pembibitan awal prenursery terlebih dahulu menggunakan polibag kecil serta naungan kemudian dipindahkan ke main nursery ketika berumur 3-4 bulan. Pembibitan kelapa sawit dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau dua tahapan pekerjaan tergantung kepada persiapan yang dimiliki sebelum kecambah dikirim ke lokasi pembibitan.

Untuk pembibitan yang menggunakan satu tahap single stage berarti penanaman kecambah kelapa sawit langsung dilakukan ke pembibitan utama Main Nursery. Kelapa sawit pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1848 saat itu ada 4 batang bibit kelapa sawit yang dibawa dari Mamitius dan Amsterdam lalu ditanam di kebun Raya BogorPada tahun 1911 kelapa sawit mulai diusahakan dan dibudidayakan secara komersial.

Perintis usaha perkebunan kelapa sawit di Indonesia adalah Adrien Hallet orang Belgia. Jurnal penelitian pembibitan kelapa sawit pdf.

Jurnal penelitian pembibitan kelapa sawit pdf. Profil Singkat Pusat Penelitian Kelapa Sawit.

Kelapa sawit nasional hanya mencapai 15 ton TBS per hektar per tahun sedangkan produktivitas tanaman kelapa sawit di Malaysia telah menembus angka 25 ton TBS per hektar per tahun. Kondisi semacam ini produktivitas kelapa sawit masih dapat ditingkatkan lagi dengan beberapa kiat salah satunya dengan persiapan benih dan pembibitan.

Budidaya KELAPA SAWIT 9 BAB Penyiapan Lahan A. Pembukaan Lahan Pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit adalah kegiatan atau pekerjaan membersihkan lahan dari vegetasi lainnya baik berupa pepohonan belukar maupun rerumputan agar siap diolah untuk persiapan penanaman kelapa sawit.

Pembibitan kelapa sawit dapat dilakukan dengan menggunakan satu atau dua tahapan pekerjaan tergantung kepada persiapan yang dimiliki sebelum kecambah dikirim ke lokasi pembibitan. Untuk pembibitan yang menggunakan satu tahap single stage berarti penanaman kecambah kelapa sawit langsung dilakukan ke pembibitan utama Main Nursery.

Tanaman kelapa tumbuh baik didaerah dataran rendah dengan Ketinggian yang optimal 0-450 m dpl. Pada ketinggian 450-1000 m dpl waktu berbuah terlambat produksi sedikit dan kadar minyaknya rendah.

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa Sawit. Tanaman kelapa sawit dapat tumbuh pada jenis tanah podzolik latosol hidromorfik kelabu aluvial atau regosol.

Niali pH optimum adalah 50 55. Kelapa sawit menghendaki tanah yang gembur subur datar berdrainase baik dan memiliki lapisan solum yang dalam tanpa lapisan padas.

Tanaman kelapa sawit menyebabkan kebutuhan akan bibit kelapa sawit juga meningkat. Untuk mengantisipasi kebutuhan akan bibit kelapa sawit dibutuhkan pembibitan skala besar sebagai suplai penyedian bibit kelapa sawit unggul berkualitas dan berproduksi tinggi setelah ditanam di lapang.

Perlakuan pupuk hayati Feng Shou dan kompos Tandan.

www.slideshare.net