Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan pembuatan yoghurt sederhana. PEMBUATAN YOGHURT Laporan Praktikum Pengolahan Hasil Ternak Oleh. Kelompok 3 Atikah Zahra Sri Ramadhani 1114141011 LABORATORIUM PRODUKSI TERNAK JURUSAN PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan laporan ini yang alhamdulillah tepAt.

Asam menyebabkan koagulasi protein susu dan membantu mengawetkan yoghurt. Pembuat yoghurt terbilang sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Maka dari itu kami melakukan praktikum pembuatan yoghurt agar dapat menghasilkan produk olahan susu fermentasi yang bergizi dan tahan lama. Susu yang digunakan untuk pembuatan yoghurt umumnya susu murni susu skim susu bubuk tanpa lemak susu skim tanpa kondensat susu yang sebagian lemaknya dihilangkan ataupun kombinasi dari berbagai macam susu tersebut Sunarlim et al.

2007 Wahyu Widodo 2002 80 o c-90 o c. Menurut Purbasari 2014 Pemanasan ini akan membunuh mikroorganisme pencemar menurunkan potensial redoks campuran.

Pembuatan yoghurt sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu kami melakukan praktikum pembuatan yoghurt agar dapat menghasilkan produk olahan susu yang tahan lama dan bergizi tinggi.

12 Perumusan Masalah Dari latar belakang masalah dapat di rumuskan suatu masalah yaitu. Bagaimana tahap-tahap pembuatan yoghurt.

Yoghurt yang baik mempunyai total asam laktat sekitar 085-095 Surono 2004. Yoghurt dibedakan menjadi dua berdasarkan cara pembuatan dan struktur fisiknya yaitu set yoghurt dan stirred yoghurt.

Set yoghurt adalah yoghurt yang dihasilkan dari susu yang diinkubasi pada wadah berukuran kecil dan menghasilkan gel dengan massa setengah padat. Yoghurt adalah minuman fermentasi yang dibuat dari susu segar dan atau susu skim dengan menggunakan bakteri asam laktat sebagai starter.

Yogurt merupakan produk yang diperoleh dari fermentasi susu dan atau susu rekonstitusi dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus dan atau bakteri asam laktat lain yang sesuai dengan atau tanpa penambahan bahan pangan. Pembuatan yoghurt menggunakan mikroorganisme.

Oleh karena itu pembuatannya harus benar-benar steril karena proses pembuatan yoghurt rentan dengan kontaminasi mikroorganisme lainnya terutama yang merugikan dan berbahaya sehingga dilakukan praktikum bioteknologi mengenai proses pembuatan yogurt. Laporan Pembuatan Yoghurt Bioteknologi dalam Pembuatan Yoghurt.

Untuk mengetahui secara lebih tentang cara kerja bioteknologi dalam pembuatan yoghurt serta manfaatnya. Fermentasi susu menjadi yoghurt dilakukan dengan bantuan bakteri asam laktat yaitu Lactobacilis bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Proses permentasi telah menguraisebagian besar susu gula laktosa menjadi komponen-komponen sederhana sehingga laktosalebih mudah diserap tubuh dan tidak mengakibatkan mencretSebagai sumber protein kalsium dan posfor yang tinggi yoghurt baik dikosumsi olehanak 1-3 tahun. Pada fase itu anak-anak membutuhkan asupan energi mencapai 102 kkalkgorang dewasa 36-37 kkalkg bobot tubuh.

Cara Membuat Yoghurt Sederhana. On Maret 28 2016 Maret 28 2016 By Aji_Saka.

Yoghurt yang dikenal sebagai makanan ringan penurun berat badan juga sangat disukai semua kalangan sehingga tidak hanya dikonsumsi ketika diet saja. Yoghurt konsentrat yaitu yoghurt dengan total padatan sekitar 24 atau yoghurt kering dengan total padatan sekitar 90-94.

BAB III BAHAN DAN PERALATAN A. KEBUTUHAN BAHAN Pembuatan yoghurt selain menggunakan bahan baku susu sapi masih diperlukan bahan lainnya sebagai penunjang.

Berikut ini uraian kebutuhan bahan dan keterangan fungsinya. Produk yoghurt pada umumnya diproduksi dari susu sapi namun susu kedelai sebagai sumber protein nabati dapat menjadi alternatif untuk pembuatan yoghurt.

Untuk itu perlu dilakukan kombinasi penggunaan susu sapi dengan susu kedelai sehingga dapat diketahui pengaruh kombinasi kedua jenis susu tersebut pada yoghurt yang terbentuk Jaya 2011. Cara yang paling sederhana untuk pembuatan yogurt bahan yang diperlukan hanyalah susu dan bibit yogurt serta peralatan dapur sederhana seperti panci dan sendok.

Segala macam jenis susu dapat digunakan untuk pembuatan yogurt mulai dari susu sapi dan kambing kuda dan unta susu nabati dari kedelai kecipir almond kacang tanah santan dan sebagainya. LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI YOGHURT DARI JAGUNG DAN KACANG KEDELAI.

Pembuatan yogurt diperlukan beberapa persiapan meliputi pelarutan susu sapi. Alat yang sederhana Shofyan 2010.

Yoghurt jagung berwarna kekuning-kuningan bertekstur lembut beraroma jagung dan berasa asam karena pengaruh fermentasi. JUDUL Penerapan Bioteknologi Pembuatan YoghurtTUJUAN 1.

Mengerti tahapan pembuatan dan proses terbentuknya Yoghurt2. Mengenal bahan baku serta bahan tamb.

LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT PDF - ACARA III PAGE 11 ACARA IV PEMBUATAN SARI BUAH A. Latar Belakang Buah-buahan merupakan bahan pangan.

Un matematika smp paket dan kunci apr. Pada praktikum pembuatan yoghurt ini dilakukan 5 perlakuan dengan 2 satuan percobaan setiap satuan percobaan terdiri dari 4 ulangan.

Sehingga jumlah cup yoghurt yang diteliti berjumlah 40 cup. Setiap minggunya dari setiap ulangan masing-masing percobaan diambil 2 cup yoghurt untuk di ukur pH nya dan di uji organoleptik dan hasilnya sebagai berikut.

Keterbatasan susu kedelai tersebut dapat dikurangi melalui proses fermentasi susu kedelai menjadi soyghurt yang lebih dikenal dengan istilah soyghurt Herawati dan Wibawa 2015. Untuk menghilangkan cita rasa langu dicari pemecahan antara lain dengan memfermentasi susu kedelai dengan kultur bakteri asam laktat seperti halnya pada pembuatan yoghurt Sukardi dkk 2001.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Fermentasi merupakan bentuk tertua dari bioteknologi Minuman beralkohol bir anggur tuak Makanan terfermentasi keju yoghurt tape tempe petis terasi.

Nah itulah cara membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis yang bisa kamu terapkan. Adapun memang membuat laporan keuangan itu diperlukan keahlian dan ketelitian khusus.

Membuat laporan keuangan sekaligus menjalankan bisnis tentu akan sangat menyulitkan alih-alih laporan tersebut bisa saja tidak tepat.

www.slideshare.net