179297851 Laporan Praktikum Pembuatan Yoghurt Doc

179297851 Laporan Praktikum Pembuatan Yoghurt Doc

Laporan pembuatan yoghurt susu kedelai. Yogurt Kedelai Soyguif Saus atau Sambel Cabe. AwetanManisan Jahe LaruRagi Tempe 2.

YOGHURT KEDELAI SOYGHURT Seperti halnya susu sapi susu kedelai juga dapat dibuat menjadi yoghurt susu kedelai yang dinamakan soyghurt. Proses pembuatan soyghurt dan kultur.

Produk yoghurt pada umumnya diproduksi dari susu sapi namun susu kedelai sebagai sumber protein nabati dapat menjadi alternatif untuk pembuatan yoghurt. Untuk itu perlu dilakukan kombinasi penggunaan susu sapi dengan susu kedelai sehingga dapat diketahui pengaruh kombinasi kedua jenis susu tersebut pada yoghurt yang terbentuk Jaya 2011.

Segala macam jenis susu dapat digunakan untuk pembuatan yoghurt mulai dari susu sapi dan kambing kuda dan unta susu nabati dari kedelai kecipir almond kacang tanah santan dan sebagainya. Variasi susu yang digunakan dapat berupa susu segar susu cair dalam botolkarton susu krim susu skim atau susu bubuk yang telah dicampur kembali.

Sebelum pembuatan yoghurt kedelai dilakukan terlebih dahulu disiapkan bahan utama berupa susu kedelai. Pembuatan susu kedelai dimulai dengan perendaman kedelai dalam air selama 4-6 jam sampai mengembang dan empuk kemudian meniriskan kedelai dalam wadah siram dengan air panas kemudian redam sebentar.

Dalam pembuatan susu kedelai senyawa-senyawa tersebut harus dihilangkan atau diinaktifkan sehingga akan dihasilkan susu kedelai dengan mutu terbaik dan aman untuk dikonsumsi manusia. Untungnya proses penghilangan senyawa-senyawa pengganggu ini tidak sulit.

PEMBUATAN YOGHURT Laporan Praktikum Pengolahan Hasil Ternak Oleh. Kelompok 3 Atikah Zahra Sri Ramadhani 1114141011 LABORATORIUM PRODUKSI TERNAK JURUSAN PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan laporan ini yang alhamdulillah tepAt.

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan yoghurt yaitu susu skim kultur starter bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus Streptococcus thermophilus Lactobacillus acidophilus dan sebagainya serta ekstrak buah untuk penambahan rasa Jannah et al 2014. Seperti halnya susu sapi susu kedelai juga bisa dibuat menjadi yogurt susu kedelai yang dinamakan soyghurt.

Proses pembuatan soyghurt dan biakan murni starter yang digunakan pada dasarnya sama seperti pada pembuatan yoghurt. Tetapi proses fermentasi pada pembuatan soyghurt mempunyai kesulitan karena jenis karbohidrat yang terdapat dalam susu.

YOGURT Pada praktikum ini kami membuat yoghurt nabati dan selai kacang peanut butter. Prinsip dari pembuatan yogurt ini yaitu proses fermentasi susu jagung kacang hijau dan kacang kedelai dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Jagung kacang hijau dan kedelai mempunyai karbohidrat atau pati kemudian karbohidrat tersebut akan terhidrolisis. Pembuatan susu kedelai pada dasarnya adalah mengolah biji kacang kedelai untuk diambil sarinya.

Proses pembuatan susu kedelai meliputi tahap-tahap. Penyortiran pencucian perendaman penghancuran hingga berbentuk bubur kemudian penyaringan sehingga diperoleh sari kacang kedelai serta pemanasan.

Biji kacang-kacangan merupakan sumber protein. Pra Rancangan Pembuatan Susu Yoghurt Dari Kacang Kedelai Dengan Kapasitas 8 TonJam PENDAHULUAN I-1 TINJAUAN PUSTAKA DAN DESKRIPSI PROSES II-1 UTILITAS VII-1 LOKASI DAN TATA LETAK PABRIK VIII-1 ORGANISASI MANAJEMEN PERUSAHAAN IX -1 ANALISA EKONOMI X-1 KESIMPULAN XI-1 Komposisi Kimia Susu Kedelai Lemak TINJAUAN PUSTAKA DAN DESKRIPSI.

Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi.

Fermentasi gula susu laktosa menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Selama ini yoghurt yang dijual di pasaran hanya dibuat dari sumber hewani seperti susu sapi dan sumber nabati seperti sari kacang-kacangan.

Yoghurt yang dijual umumnya juga hanya memiliki rasa yoghurt plain sehingga inovasi pembuatan yoghurt dari segi bahan dan rasa kurang bervariasi. Soyghurt dengan yoghurt susu sapi tentu memiliki nutrisi yang berbeda dimana hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan yoghurt adalah jenis karbohidratnya.

Karbohidrat pada sari kedelai tentu berbeda dengan karbohidrat yang ada pada susu sapi. Karbohidrat pada sari kedelai adalah golongan oligosakarida.

Yoghurt konsentrat yaitu yoghurt dengan total padatan sekitar 24 atau yoghurt kering dengan total padatan sekitar 90-94. BAB III BAHAN DAN PERALATAN A.

KEBUTUHAN BAHAN Pembuatan yoghurt selain menggunakan bahan baku susu sapi masih diperlukan bahan lainnya sebagai penunjang. Berikut ini uraian kebutuhan bahan dan keterangan fungsinya.

Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja termasuk susu kacang kedelai. Yoghurt dihasilkan dari fermentasi asam laktat melalui aktifitas bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococus thermophilus yang akan menguraikan laktosa menjadi asam laktat dan berbagai komponen aroma dan citarasa.

Pembuatan yoghurt sangat sederhana dan tidak membutuhkan banyak waktu. Oleh karena itu kami melakukan praktikum pembuatan yoghurt agar dapat menghasilkan produk olahan susu yang tahan lama dan bergizi tinggi.

12 Perumusan Masalah Dari latar belakang masalah dapat di rumuskan suatu masalah yaitu. Bagaimana tahap-tahap pembuatan yoghurt.

Penyusunan Laporan Tugas Akhir Pembuatan Yoghurt Susu Sapi Dengan Bantuan Mikroba Dalam Plain Yoghurt Menggunakan Fermentor pada bulan Juli 2012. Penyusunan Laporan Tugas Akhirini merupakan salah satu tugas yang harus diselesaikan setiap mahasiswa Program Studi Diploma III Teknik Kimia.

Susu kedelai terbatas karena cita rasa yang kurang disenangi langu. Keterbatasan susu kedelai tersebut dapat dikurangi melalui proses fermentasi susu kedelai Buono.

Et al1990 menjadi yoghurt kedelai yang dikenal dengan istilah soyghurt. Susu kedelai dan soyghurt seperti yang ditampilkan pada Gambar 21.

Pada umumnya bahan utama pembuatan yoghurt adalah susu murni. Susu merupakan cairan yang dieksresikan oleh kelenjar mamae pada beberapa hewan ternak contohnya sapi.

Susu memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan air di dalam susu sangatlah tinggi yaitu sekitar 875 dengan kandungan gula.

www.slideshare.net