Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan Fermentasi Pembuatan Yoghurt

Laporan pembuatan yogurt pdf. LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT. Download Full PDF Package.

A short summary of this paper. 31 Full PDFs related to this paper.

Pembuatan yoghurt diawali dengan memanaskan susu murni kurang lebih selama 15 menit dengan menjaga agar suhu susu tetap diantara4 5 3 Agus 4 Safa 5 Dian 6 Sofi. PEMBUATAN YOGHURT Laporan Praktikum Pengolahan Hasil Ternak Oleh.

Kelompok 3 Atikah Zahra Sri Ramadhani 1114141011 LABORATORIUM PRODUKSI TERNAK JURUSAN PETERNAKAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG 2013 1 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan laporan ini yang alhamdulillah tepAt. Factory ini selain memproduksi keju mereka juga memproduksi yoghurt.

Di Indonesia banyak masyarakat yang telah memahami fungsi dan pentingnya khasiat dari yoghurt sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk mengkonsumsi yoghurt. Sehingga penulis tertarik pada proses pembuatan yoghurt dan macam-macam cara pengemasannya.

Fungsi bahan yang digunakan dalam pembuatan yoghurt diantaranya adalah susu segar sebagai bahan utama pembuatan yoghurt dan sebagai sumber laktosa yang akan dirubah menjadi asam laktat oleh bakteri asam laktat. Laporan MPP Kelompo 3 Yogurt_Kefir_Nata de.

Yoghurt konsentrat yaitu yoghurt dengan total padatan sekitar 24 atau yoghurt kering dengan total padatan sekitar 90-94. BAB III BAHAN DAN PERALATAN A.

KEBUTUHAN BAHAN Pembuatan yoghurt selain menggunakan bahan baku susu sapi masih diperlukan bahan lainnya sebagai penunjang. Berikut ini uraian kebutuhan bahan dan keterangan fungsinya.

Proses pembuatan yogurt secara umum terdiri atas empat langkah dasar yaitu pasteurisasi inokulasi pemeraman dan pendinginan. Pasteurisasi yang dilakukan pada susu sebelum diinokulasi kultur dilakukan pada suhu 80 85oC selama 15 30 menit.

Tujuan dari proses pasteurisasi ini adalah untuk membunuh. LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANG PENERAPAN HACCP HAZARD ANALYSIS CRITICAL CONTROL POINT PADA PROSES PEMBUATAN YOGHURT DI YOGURT FLAMBOYAN ASLI ASNAN LIDIA Oleh.

201310220311055 JURUSAN ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN FAKULTAS PERTANIAN PETERNAKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2016 HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANG JUDUL. Penerapan HACCP Hazard Analysis.

Yoghurt mempunyai nilai gizi yang tinggi dari pada susu segar sebagai bahan dasar dalam pembuatan yoghurt terutama karena meningkatnya total padatan sehingga kandungan zatzat gizi lainnya meningkat selain itu yoghurt sesuai bagi penderita Lactose Intolerance atau yang tidak toleran terhadap laktosa Wahyudi 2006. Adapun pembahasan dalam laporan pembuatan yoghurt ini adalah sebagai berikut.

Pada percobaan pembuatan yoghurt digunakan bakteri starter yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermoplillus. Proses pertama adalah pasteurisasi yakni pemanasan.

Pasteurisasi bertujuan untuk mematikan organisme pencemar atau bakteri patogen dan. Produk yoghurt pada umumnya diproduksi dari susu sapi namun susu kedelai sebagai sumber protein nabati dapat menjadi alternatif untuk pembuatan yoghurt.

Untuk itu perlu dilakukan kombinasi penggunaan susu sapi dengan susu kedelai sehingga dapat diketahui pengaruh kombinasi kedua jenis susu tersebut pada yoghurt yang terbentuk Jaya 2011. LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANG.

Penerapan HACCP Hazard Analysis Critical Control Point pada Proses Pembuatan Yoghurt. Di Yogurt Flamboyan ASLI Asnan Lidia Oleh.

Malang 25 Agustus 2016 Telah diperiksa dan disetujui oleh. Ketua Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Dosen Pembimbing Moch.

Bahan 1 Susu UHT 2 Asam Sitrat 10 3 Rennet 4 Es batu B. Prosedur Kerja 1 Pembuatan Yoghurt Ditambahakan susu skim 10 vv kedalam 100 mL susu UHT yang ditempatkan pada erlenmey Dimasukkan Inokulum bakteri ke dalam susu UHT secara steril Susu di Inkubasi selama 24 jam pada suhu 370C Diamati pH Yoghurt dan Organoleptiknya pada 15 panelis 2.

Laporan Praktikum Pembuatan Yogurt JUDUL PRAKTIKUM. Pembuatan yoghurt adalah fermentasi susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus.

Kedua macam bakteri tersebut akan menguraikan laktosa gula asusu menjadi asam laktat dan berbagai komponen. Sedangkan pH optimum bakteri untuk pembuatan yoghurt yaitu sekitar pH 4- 10.

Jika pH terlalu rendah maka akan menghambat pertumbuhan Lactobacillus bulgaricus yaitu pada pH 35-38 Freida 2015. Kegagalan pembuatan yogurt merupakan peristiwa yang umum terjadi.

Sebab-sebab kegagalan dan cara mengatasinya dapat dilihat pada Tabel 34. YOGURT Pada praktikum ini kami membuat yoghurt nabati dan selai kacang peanut butter.

Prinsip dari pembuatan yogurt ini yaitu proses fermentasi susu jagung kacang hijau dan kacang kedelai dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Jagung kacang hijau dan kedelai mempunyai karbohidrat atau pati kemudian karbohidrat tersebut akan terhidrolisis.

Pada praktikum pembuatan yoghurt ini dilakukan 5 perlakuan dengan 2 satuan percobaan setiap satuan percobaan terdiri dari 4 ulangan. Sehingga jumlah cup yoghurt yang diteliti berjumlah 40 cup.

Setiap minggunya dari setiap ulangan masing-masing percobaan diambil 2 cup yoghurt untuk di ukur pH nya dan di uji organoleptik dan hasilnya sebagai. LAPORAN PRAKTIKUM PEMBUATAN YOGHURT PDF - ACARA III PAGE 11 ACARA IV PEMBUATAN SARI BUAH A.

Latar Belakang Buah-buahan merupakan bahan pangan. Un matematika smp paket dan kunci apr.

Pembuatan yoghurt dalam penelitian ini menggunakan susu ultra milk dengan level starter berbeda sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap karakteristik dan total keasaman yoghurt yang dihasilkan. Menurut Farida 2008 rata - rata skor tingkat keasaman dari bulgaricus.

Pembuatan yoghurt dengan menggunakan bahan baku kacang koro dengan berbagai campuran konsentrasi susu skim dan variasi suhu fermentasi sehingga didapatkan hasil yoghurt kacang koro yang dapat diterima dan disukai oleh konsumen. Maksud dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan.

www.slideshare.net