Laporan Penelitian Ilmiah Kacang Hijau

Laporan Penelitian Ilmiah Kacang Hijau

Laporan penelitian ilmiah kacang hijau. LAPORAN PENELITIAN IPA PENGARUH INTENSITAS CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KACANG HIJAU DISUSUN OLEH. NURUL FATHIYAH NENG MUFTIHATUN NUPUS XII-D SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KESEHATAN HUSADA PRATAMA 20132014 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya khususnya bagi penulis yang telah menyelesaikan makalah.

Manfaat Penelitian Manfaat untuk penyusun Dengan melakukan penelitian untuk menyusun karya tulis ilmiah ini dapat memberikan pengalaman khususnya untuk kami sebagai peneliti sekaligus penyusun karya tulis ini serta pengetahuan tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau dan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan. Laporan Penelitian Ilmiah Kacang Hijau 1.

1 L A P O R A N P E N E L I T I A N Kata Pengantar Dengan mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala kebesaran dan limpahan nikmat yang diberikan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan percobaanberjudul Pengaruh Perbedaan Pemberian Larutan Kepada Kacang Hijau. Menanam biji kacang hijau ke dalam wadah yang telah disiapkan 1 wadah 10 biji kacang hijau.

Melakukun penyiraman pada wadah yang telah ditanami biji kacang hijau tersebut dengan perlakuan. Wadah A disiram dengan air biasa tanpa campuran Wadah B disiram dengan air cucian beras 5.

Kami sengaja mengosongkan isi penelitian agar kamu benar-benar mau malakukan penelitian sendiri dan mandiri untuk membuat suatu karya ilmiah biologi dengan begitu maka hasil karya ilmiah kamu nantinya akan benar terbaik karna berasal dari pengamatan langsungTanaman kacang hijau yang dietiolasi tumbuhan yang tumbuh dalah gelap pertumbuhannya. Menandai masing-masing kacang hijau dengan lidi yang telah diberi label nomor.

Menyiram biji-biji kacang hijau pada masing-masing toples dengan air secukupnya. Penyiraman ini dilakukan dengan frekuensi 1 kali sehari.

Mengukur batang kacang hijau ketika muncul daun pertama pada tumbuhan kacang hijau. Kacang hijau Vigna radiata L merupakan tanaman kacang-kacangan ketiga yang banyak dibudidayakan setelah kedelai dan kacang tanah.

Bila dilihat dari kesesuaian iklim dan kondisi lahan yang dimiliki Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki kesempatan untuk melakukan ekspor kacang Purwono dan Hartono 2005. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap pertumbuhan dan perkecambahan biji kacang hijau biji kacang hijau yang diletakan ditempat gelap dan terang akan mempunyai perbedaan.

Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung terang pertumbuhannya lebih lambat daunnya lebar tebal berwarna hijau batang tegak dan kokoh. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap pertumbuhan dan perkembangan biji kacang hijau dengan merendam kacang hijau selama 12 jam dan meletakan 6 biji kacang hijau ke dalam dua botol aqua gelas aqua A dan aqua B lalu meletakkan gelas A di tempat terang dan gelas B ditempat gelap.

Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap pertumbuhan dan perkecambahan biji kacang hijau biji kacang hijau yang diletakan ditempat gelap dan terang akan mempunyai perbedaan. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung terang pertumbuhannya lebih lambat daunnya lebar tebal berwarna hijau batang tegak kokoh.

LAPORAN PENELITIAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KACANG HIJAU TERHADAP CAHAYA BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap makhluk hidup akan mengalami proses pertumbuhan begitu pula pada tumbuhan.

Dalam proses pertumbuhan pada tumbuhan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah intensitas cahaya. Sehubungan dengan adanya kacang hijau yang dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh cahaya pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh yang akan timbul akibat dari pemberian intensitas cahaya yang berbeda.

Kacang hijau termasuk tumbuhan hijau memerlukan cahaya tidak hanya untuk membuat makanan tetapi juga untuk pertumbuhannya. Variabel bebas yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh media tanam bagi pertumbuhan tanaman kacang hijau.

332 Variabel Control Penelitian ini menggunakan variabel control yang berupa media tanam yaitu kompos tanah pasir dan kapas. GELAP TERANG KESIMPULAN a.

Cahaya mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau b. Biji kacang hijau yg terkena matahari secara langsung pertumbuhan nya lebih lambat begitupun sebaliknya 3.

Alat dan Bahan Untuk mengetahui pengaruh yg. Memilih biji kacang hijau yang masih segar sehingga dapat memaksimalkan hasil penelitian.

Menanam biji kacang hijau di tempat yang terang agar memperoleh kualitastanaman yang baik meskipun pertumbuhannya cenderung lambat. Contoh laporan hasil pengamatan pertumbuhan kacang hijau laporan ilmiah pertumbuhan kacang hijau.

Laporan ilmiah ini membahas tentang pengaruh cahaya bagi pertumbuhan kacang hijau. Anda pasti tau apa yang namanya pertumbuhan.

Pertumbuhan itu dipengaruhi oleh 2 faktor faktor dalam dan faktor luar. Tanaman kacang hijau diduga berasal dari kawasan India dan telah lama dikenal dan ditanam oleh petani di Indonesia.

Kacang hijau memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan tanaman kacang-kacangan yang lain yaitu. Lebih tahan terhadap kekeringan.

Hama dan penyakit relatif sedikit. Panen relatif cepat pada umur 55-60 hari.

Kacang hijau akan tumbuh lebih cepat bila di rendam lebih lama. Dan cahaya juga mempengaruhi pertumbuhan kacang hijau.

Cahaya dapat memperlambat pertumbuhan kacang hijau. BAB III METODOLOGI PENELITIAN A.

Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilaksanakan di ruang kelas XII IA SMAN 1 Sejangkung. Tanggal 30 Juli 2012.

Penulis melakukan penelitian kecambah kacang hijau dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda. Masing-masing gelas diletakkan ditempat gelap tidak terkena cahaya dan ditempat terang terkena cahaya langsung.

www.slideshare.net