Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik

Makalah Fisika Gelombang Elektromagnetik

Makalah gelombang elektromagnetik dan cahaya. Cahaya tampakCahaya tampak sebagai radiasi elektromagnetik yang paling dikenal oleh kita dapat didefinisikan sebagai bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi oleh mata manusiaPanjang gelombang tampak nervariasi tergantung warnanya mulai dari panjang gelombang kira-kira 4 x 10-7 m untuk cahaya violet ungu sampai 7x. Menurut teori maxwell tentang gelombang elektromagnetik bahwa cahaya adalah suatu bentuk radiasi gelombang elektromagnetik.

Gelombang elektromagnetik dihasilkan oleh muatan yang dipercepat terdiri dari medan magnet B dan Medan listrik E yang bergetar saling tegak lurus serta keduanya tegak lurus arah perambatan gelombang. Radio dan televisi gelombang gelombang mikr infra merah cahaya tampak ultraviolet siar x sinar gamma Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi diatas 100 eV dalam panjang gelombang untuk energi menengah dan dalam frekuensi untuk energi rendah.

Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik - Pada kesempatan ini saya akan berbagi dengan para pencari ilmu semuanya mengenai Makalah Fisika Tentang Gelombang Elektromagnetik. Dimana sebelumnya saya sudah pernah posting mengenai Kumpulan Makalah Biologi dan juga banyak sekali materi-materi penting yang bisa sobat dapatkan secara gratis tentunya.

Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang GELOMBANG ELEKTROMAGNETIKyang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumberMakalah ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintanganBaik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luarNamun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Contoh Makalah Karya Ilmiah Fisika.

KATA PENGANTAR Assalamu alaikum Wr. Wb Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayahNya sehingga saya penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan salam dan salawat kita kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan kemampuan sehingga saya dapat mengerjakan Makalah ini dengan baik.

Pada bagian ini kita akan membahas gelombang cahaya. Cahaya merupakan radiasi gelombang elektromagnetik yang dapat dideteksi mata manusia.

Cahaya selain memiliki sifat-sifat gelombang secara umum misal dispersi interferensi difraksi dan polarisasi juga memiliki sifat-sifat gelombang elektromagnetik yaitu dapat merambat melalui ruang hampa. Ini sebabnya gelombang cahaya disebut sebagai gelombang elektromagnetik karena pada gelombang cahaya yang bergetar adalah medan elektromagnetik dan merambat di ruang tanpa memerlukan medium.

Sebetulnya cahaya yang bisa kita lihat hanyalah salah satu jenis gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang sekitar 400 sampai 700 nanometer. Cahaya adalah gelombang elektromagnetik hal ini berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan Maxwell kecepatan gelombang elektromagnetik di ruang hampa adalah sebesar 3 10 8 ms yang nilainya sama dengan laju cahaya terukur.

Hal ini membuktikan bahwa cahaya merupakan gelombang elektromagnetik. Pernyataan Maxwell diperkuat oleh Heinrich Hertz 1857 -1894.

Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan pada 1873 oleh James Clerk Maxwell dalam papernya di Royal Society mengenai teori dinamika medan elektromagnetik bahasa Inggris. A dynamical theory of the electromagnetic field berdasarkan hasil kerja penelitiannya antara 1861 dan 1865.

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetik dengan spektrum yang terbatas spektrum optik atau spektrum tampak dimana pada spektrum tertentu tersebut gelombang elektromagnetik dapat terlihat yang kemudian kita sebut sebagai cahaya. Tidak ada batasan yang eksak mengenai spektrum optik tersebut akan tetapi mata normal manusia dapat menerimamerasakan gelombang elektromagnetik dengan panjang.

Gelombang elektromagnetik ialah sebuah gelombang yang memancar tetapi tanpa mengunakan media rambat yang membawa muatan energi listrik dan muatan magnet elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik Tidak seperti gelombang pada umumnya yang membutuhkan media sebagai media rambat gelombang elektromagnetik juga tidak memerlukan media rambat sama seperti radiasi.

Gelombang elektromagnetik tidak disimpangkan baik oleh medan listrik maupun medan magnetik sebab tidak memiliki muatan listrik. Seperti halnya cahaya gelombang elektromagnetik disebut foron paket energi karena tidak bermassa dan tidak bermuatan tetapi memiliki energi.

Gelombang elektromagnetik dapat merambat di dalam ruang hampa udara vakum. Menurut James Maxwell 1831-1897 cahaya adalah gelombang elektromagnetik sehingga cepat rambat cahaya sama dengan cepat rambat gelombang elektromagnetik yaitu 3108 ms.

Cahaya merupakan pancaran elektromagnetik yang terlihat oleh mata telanjang manusia. Gelombang elektromagnetik memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Dibalik manfaatnya juga ada dampak yang ditimbulkan. Taukah kamu apa manfaat dan dampak dari gelombang elektromagnetik.

Berikut akan kita bahas tentang manfaat dan dampak dari gelombang elektromagnetik. Manfaat gelombang elektromagnetik Gelombang Radio Gelombang radio digunakan dalam sistem komunikasi jarak jauh.

Berikut penjelasan gelombang elektromagnetik yang dibentuk oleh medan magnet dan listrik lengkap dengan spektrum dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Jingga kuning hijau biru nila dan ungu merupakan bentuk spektrum cahaya tampak.

Cahaya tampak memiliki frekuensi 1015 Hz dengan panjang gelombang. Read Free Makalah Gelombang Cahaya Dalam Bidang Teknologi.

Gelombang Cahaya dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik Gelombang Cahaya dan Spektrum Gelombang Elektromagnetik by Bimbel Pak Billcen 2 years ago 7 minutes 34 seconds 12542 views Welcome to Bimbel Pak Billcen D Kali ini kita akan membahas materi mengenai gelombang cahaya dan. Gelombang adalah getaran yang merambat.

Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak pada sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik serta mungkin radiasi gravitasional yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara gelombang juga ada pada medium yang karena perubahan bentuk bisa menghasilkan gaya pegas di mana mereka bisa berjalan dan mampu memindahkan energi.

Artinya urutan spektrum berdasarkan gambar di atas adalah sinar gamma sinar X sinar ultraviolet cahaya tampak sinar inframerah gelombang mikro dan gelombang radio. Kamu harus ingat bahwa gelombang elektromagnetik yang bisa digunakan untuk memotret organ dalam tubuh adalah sinar X.

Sinar X ditunjukkan oleh nomor 2. Radio dan televisi 2.

Gelombang gelombang mikr 3. Sinar gamma Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi diatas 100 eV dalam panjang gelombang untuk energi menengah dan dalam frekuensi untuk energi rendah 05 mm.

www.slideshare.net