Makalah Islam Sebagai Rahmatan Lilalamin

Makalah Islam Sebagai Rahmatan Lilalamin

Makalah tentang islam agama rahmatan lil alamin. Pemahaman orang awam tentang Islam rahmatan lilalamin harus diluruskan karena jika tidak akan menjadi suatu kesalahan besar Sejak penyebaran Islam yang paling awal keluar dari Arab Islam telah menjadi suatu agama dari berbagai suku ras dan kelompok masyarakat. Islam untuk seluruh manusia Rahmatan Lilalamin F.

Bagaimana konsep rahmatan lilalamin G. Bagaimana Pandangan Islam Atas Berbagai Ras Dan Agama H.

Bagaimana Pengaruh Rahmatan Lilalamin Bagi Non Muslim I. Bagaimana Islam Bukan Agama Teroris C.

TUJUAN Untuk menambah wawasan mahasiswa tentang islam sebagai rahmatan Lilalamin ii BAB II. Dalam pembuatan makalah ini kita bisa mendapatkan banyak manfaat seperti menambah wawasan tentang agama islamislam juga sebagai agama rahmatan lil alamin.

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut. Islam untuk seluruh manusia Rahmatan Lilalamin F.

Bagaimana konsep rahmatan lilalamin G. Bagaimana Pandangan Islam Atas Berbagai Ras Dan Agama H.

Bagaimana Pengaruh Rahmatan Lilalamin Bagi Non Muslim I. Bagaimana Islam Bukan Agama Teroris C.

TUJUAN Untuk menambah wawasan mahasiswa tentang islam sebagai rahmatan Lilalamin ii. KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul Islam Rahmatan Lil Alamin ini tepat pada waktunya.

Adapun tujuan dari penulisan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas pada mata kuliah Studi Islam 2. Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk menambah wawasan tentang Studi Islam.

Pernyataan bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin sebenarnya adalah kesimpulan dari firman Allah Taala Kami tidak mengutus engkau wahai Muhammad melainkan sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta. Risalah Islam ialah mendatangkan rahmat untuk seluruh alam.

Agama Islam sebagai Agama Rahmatan Lil Alamin rahmat bagi semesta alam mengajarkan kepada umatnya untuk mencintai sesama tanpa membeda-bedakan agama dan golongan agar tercipta kerukunan dan kedamaian. Islam yang dibawa Nabi Muhammad saw adalah agama yang dihadirkan untuk menjadi petunjuk hidup bagi seluruh umat manusia.

Keadilan Islam Islam sebagai agama rahmatan lilalamin dapat di telusuri dari ajaran-ajaran yang berkaitan dengan kemanusiaan dan keadilan. Dari sisi konsep tentang keadilan Islam adalah satu jalan hidup yang sempurna meliputi semua dimensi kehidupan.

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL IUNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 1 KATA PENGANTAR Alhamdulillah hirobbilalamin puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat taufiq dan hidayah-Nya kepada penyusun sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini. Paradigma Islam Rahmatan Lilalamin.

Sebelum memasuki pembahasan tentang paradigma Islam dalam konteks pendidikan sebaiknya kita menelusuri lebih dahulu tentang pengertian paradigma dari berbagai segi. Secara etimologis paradigma berasal dari bahasa Inggris paradigm yang berarti type of something model pattern bentuk sesuatu model pola.

Untuk itu sebelumnya perlu kiranya diketengahkan penjelasan tentang makna Islam Rahmatan Lilalamin tersebut. Pengertian Islam Rahmatan Lilalamin.

Kata orang sebuah pemikiran atau konsep merupakan anak zamannya at-turats ibn ashrih lahir dari konteks zamannya. Demikian pula dengan gagasan Islam Rahmatan Lilalamin ini.

ISLAM RAHMATAN LIL ALAMIN SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN ISLAM MEMASUKI ASEAN COMMUNITY Prof. Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Makalah disampaikan pada acara Kuliah Tamu Jurusan Pendidikan Agama Islam.

Dengan Islam yang Rahmatan lilalamin ini kita dapat menyimpulkan bahwa Islam tidak hanya sebagai agama tetapi suatu perdaban yang di dalamnya terdapat pandangan hidup framework yang jelas dan universal dalam hal kebenaran. Al-Qurthubi Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad al-Anshari.

Al-Jami Li Ahkamil Quran. Wa maa arsalnaaka illaa rahmatan lil-aalamiin Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam QS Al Anbiya.

Dalam ayat itu rahmatan lil-alamin secara tegas dikaitkan dengan kerasulan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam. Islam agama rahmatan lil alamin yaitu agama yang membawa kasih sayang terhadap seluruh alam hal ini dijelaskan dalam Al-Quran.

وما أرسلناك إلا رحمة للعالمين Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Maka yang dimaksud dengan Islam Rahmatan lilalamin adalah Islam yang kehadirannya di tengah kehidupan masyarakat mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam.

Rahmatan lilalamin adalah istilah qurani dan istilah itu sudah terdapat dalam Alquran yaitu sebagaimana firman Allah dalam Surat Al- Anbiya ayat 107. Dengan Islam yang Rahmatan lilalamin ini kita dapat menyimpulkan bahwa Islam tidak hanya sebagai agama tetapi suatu perdaban yang di dalamnya terdapat pandangan hidup framework yang jelas dan universal dalam hal kebenaran.

Al-Qurthubi Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad al-Anshari. Al-Jami Li Ahkamil Quran.

Islam adalah agama rahmatan lil alamin artinya Islam merupakan agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua seluruh alam semesta termasuk hewan tumbuhan dan jin apalagi sesama manusia. Sesuai dengan firman Allah dalam Surat al-Anbiya ayat 107 yang bunyinya Dan tiadalah Kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.

Islam rahmatan lil alamin kehadirannya di tengah kehidupan masyarakat mewujudkan rasa kedamaian dan rasa tentram sebagai rahmat bagi manusia dan alam semesta ujar Ustaz Rahmadon Tosari Fauzi MEd PhD Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Serambi Mekkah saat mengisi pengajian rutin Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam KWPSI di Rumoh Aceh Lambada Kupi Gampong Pineung Banda Aceh Selasa 112 malam. Katanya Islam adalah rahmatan lil alamin artinya sebagai rahmat bagi seluruh alam.

Tapi mengapa sering muncul tuduhan bahwa umat Islam telah melakukan terorisme yang mengatasnamakan Islam itu. Jawaban atas pertanyaan ini bisa dilihat dari 2 sudut pandang.

Pertama sudut pandang Islam itu sendiri.

www.slideshare.net