Perdagangan Online Dalam Islam

Perdagangan Online Dalam Islam

Makalah tentang jual beli online dalam islam. Jual beli online juga ternyata memiliki dampak positif karena dianggap praktiscepat dan mudah. Kegiatan jual beli online mulai berkembang di dalam forum internet khususnya forum jual beli online seperti LAZADA Indonesia OLX Indonesia Elevenia.

Berikut beberapa nama penyedia jasa jual beli online yang cukup terkemuka di Indonesia antara lain. Dan bagaimanakah jual beli online yang diperbolehkan halal dalam perspektif Islam.

Jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut akan kami ulas satu persatu dalam makalah ini sehingga nantinya memunculkan suatu kesimpulan yang tepat dan dapat diterima oleh para pembaca dengan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga pengetahuan pembaca akan hukum jual.

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Taala yang telah memberikan karunia dan rahmat-Nya kepada penulis hingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan Karya Tulis IlmiahKTI dengan judul TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE DALAM PANDANGAN HUKUM ISLAM. Dan bagaimanakah jual beli online yang diperbolehkan halal dalam perspektif Islam.

Jawaban-jawaban atas pertanyaan tersebut akan kami ulas satu persatu dalam makalah ini sehingga nantinya memunculkan suatu kesimpulan yang tepat dan dapat diterima oleh para pembaca dengan bahasa yang mudah dipahami. Sehingga pengetahuan pembaca akan hukum jual.

Jual Beli Online Jual beli online adalah suatu kegiatan dimana penjual dan pembelinyatidak harus bertemu untuk melakukan negosiasi dan transaksi secara langsung. Kemudian yang digunakan oleh penjual dan pembeli untuk berkomunikasi secara online seperti melalui chatdalam handphone komputer telepon sms dan sebagainya.

Jual beli tsunaya الثنيا Adalah jual beli dengan harga tertentu sedangkan barang yang menjadi objek jual beli adalah sejumlah barang dengan pengecualian yang tidak jelas. Jual beli asb al-fahl عسب الفحل Adalah memperjual-belikan bibit pejantan hewan untuk dibiakkan dalam rahim hewan betina untuk mendapatkan anak.

Dalam makalah ini akan membahas tentang Transaksi Jual Beli Secara Online akad salam secara E-Commerce dimana penelitian akan difokuskan pada system perekonomian dagang islam dalam menjawab tantangan global. Dengan landasan al-Quran dan al-Hadits serta kitab-kitab para Ulama.

Ucapan terimakasih kepada dosen pembimbing mata kuliah Fiqh B Muamalah yaitu bpkSiliwangi SAg MHi yang telah memberikan saya kesempatan untuk membuat makalah tentang Jual Beli Online Dalam Islam ini sebagai pedoman acuan untuk lebih giat lagi dalam Belajar. Mengetahui Tentang Hukum Jual Beli Online dalam Islam.

Pada awalnya sistem penukaran barang hanya dapat dilakukan dengan cara manual dimana kedua belah pihak antara penerima pembeli dengan pemberi penjual harus hadir pada satu tempat yang sama dan disertai dengan barang serta adanya transaksi. Bagi umat Islam yang melakukan bisnis dan selalu berpegang teguh pada norma-norma hukum islam akan mendapat berbagai hikmah diantaranya.

A bahwa jual beli bisnis dalam islam dapat bernilai sosial atau tolong menolong terhadap sesama akan menumbuhkan berbagai pahala b bisnis dalam islam merupakan salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan halalnya harta yang dimakan untuk dirinya dan. Beberapa studi seperti Fitria 2017 Nawawi Rosyadi 2019 Lestari Wahab 2018 Purwanto 2018 Firmansyah Widodo 2019 mencoba menjelaskan hukum jual beli online dalam perspektif Islam.

Dalam jual beli ini harus disebutkan sifat-sifat barang dan harga harus dipegang ditempat akad berlangsung. 3Jual beli benda yang tidak ada Jual beli seperti ini tidak diperbolehkan dalam agama Islam.

BDitinjau dari segi pelaku atau subjek jual beli1 Dengan lisan akad yang dilakukan dengan lisan atau perkataan. Islam memandang kasus penipuan dalam jual beli online adalah hal yang sangat fatal karena telah melanggar asas-asas dalam Islam yang sudah tertera sangat jelas dalam pedoman kitab suci umat Islam yakni Al-quran QS An-Nisa 429.

Jual beli dalam bahasa arab disebut bai yang secara bahasa adalah tukar menukar sedangkan menurut istilah adalah tukar menukar atau peralihan kepemilikan dengan cara pergantian menurut bentuk yang diperbolehkan oleh syara atau menukarkan barang dengan barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari seseorang terhadap orang lainnya atas kerelaan kedua belah pihak. Dalam jual beli baik online maupun offline ada yang halal ada yang haram ada yang legal ada pula yang ilegal.

Hukum asal muamalah adalah al-ibaahah boleh selama tidak ada dalil yang melarangnya. Karena itu hukum dasar jual beli online sama seperti akad jual beli dan akad as-salam yaitu diperbolehkan dalam Islam.

MAKALAH JUAL BELI DALAM ISLAM - Kumpulan Makalah. Jual beli telah disahkan oleh Al-quran Sunnah dan Jima.

Adapun dalil Al-Quran adalah QS. Allah telah menghalalkan Jual beli dan men gh aramkan Riba.

Dan firman Allah dalam Al-Quran Surat An-Nisa4. Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu sekalian memakan harta sesamamu dengan jalan batil.

Jual beli yang sah tapi terlarang yaitu jual belinya sah tidak membatalkan akad dalam jual beli tapi dilarang dalam agama Islam karena menyakiti si penjual si pembeli atau orang lain. Menyempitkan gerakan pasaran dan merusak ketentraman umum contohnya membeli barang dengan harga mahal yang tujuannya supaya orang lain tidak dapat membeli barang tersebut.

Jual beli yang dilarang dalam islam sangatlah banyak menurut jumhur ulama. Berkenaan dengan jual beli yang di larang dalam islam Wahbah Al-Juhalili meringkasnya sebagai berikut.

Terlarang Sebab Ahliah Ahli Akad Ulama. Jual Beli dalam Hukum Islam.

Pengertian Jual Beli. Transliterasinya huruf-huruf tersebut dikenai ketentuan tentang penggunaan huruf kapital berdasarkan pedoman ejaan Bahasa Indonesia yang berlaku xv xiv.

Berdasarkan hadits di atas transaksi jual beli yang mengandung unsur gharar merupakan hal yang terlarang dalam Islam. Gharar yakni keraguan tipuan atau tindakan lain yang dapat merugikan orang lain.

Dalam jual beli online tak jarang ditemukan modus penipuan dan hal tersebut lebih banyak ditemukan pada penjual.

www.slideshare.net