Makalah Agama Tentang Kerukunan Antar Umat Beragama

Makalah Agama Tentang Kerukunan Antar Umat Beragama

Makalah tentang kerukunan antar umat beragama pdf. KERUKUNAN UMAT BERAGAMA Dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang diajukan kepada. Bapak Fauzi Chaniago SAgMAg.

Kelompok 2 Ahmad Firaz Maolana 16305118 Pratami Charisma Fitri 16305108 Virliana Utami 16305115 JURUSAN MANAJEMEN PELAYANAN RUMAH SAKIT MPRS POLITEKNIK PIKSI GANESHA BANDUNG 20162017 KATA PENGANTAR Puji dan syukur selalu tercurah. Kerukunan antar umat beragama lain ini cukup sulit untuk dijagaSeringkali terjadi konflik antar pemeluk agama yang berbeda24 Manfaat Kerukunan Antar Umat Beragama Terciptanya suasana yang damai dalam bermasyarakat Toleransi antar umat Beragama meningkat Menciptakan rasa aman bagi agamaagama minoritas dalam melaksanakan ibadahnya masing.

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI INDONESIA DIALOG ANTAR UMAT BERAGAMA PLURALISME AGAMA SEBAGAI KENISCAYAAN SOSIAL Sikap toleransi telah diletakkan sejak saat-saat awal Nabi Muhammad saw. Membangun Negara Madinah karena melihat kenyataan akan adanya pluralitas di sana.

Pluralitas yang dihadapi Nabi tidak hanya karena perbedaan etnis semata namun. MAKALAH KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah.

Pendidikan Agama Islam Anti Korupsi Dosen Pengampu. Fathan Fihrisi MPdI Oleh.

Nasrul Wahabi 202410101052 JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER KELOMPOK 7 KELAS 12 UNIVERSITAS JEMBER i. MAKALAH KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA.

Makna Agama Islam Serta Karakteristiknya 1. Makna agama islam Kata islam berarti damai selamat sejahtera penyerahan diri patuh dan taat.

Pengertian tersebut menunjukkan bahwa agama islam adalah agama yang mengandung ajaran untuk menciptakan kedamaian keselamatan dan kesejahteraan kehidupan umat manusia pada khususnya dan semua makhluk Allah pada. Dari makalah yang berjudul Kerukunan Antar Umat Beragama ini dapat diambil kesimpulan.

Islam menghormati dan menghargai semua manusia sebagai hamba Allah baik mereka muslim maupun nonmuslim. Dalam agama Islam mewajibkan penganutnya untuk menjaga kerukunan antarumat beragama.

Umat Islam diwajibkan untuk memelihara ukhuwah islamiyah. Kerukunan antar Umat Beragama.

Untuk Mengetahui Pembinaan Kerukunan antar Umat Beragama di Desa Banaran. Manfaat Teoritis Manfaat secara teoritis penelitian ini diharapkan untuk memperkaya ilmu perbandingan agama mengenai kerukunan antar umat beragama khususnya relasi dalam bidang sosiologi.

79 bahwa kerukunan antar umat beragama merupakan pilar kerukunan nasional adalah sesuatu yang dinamis karena itu haus dipelihara terus dari waktu ke waktu. Satunya adalah pemikiran mereka yang menyangkut tema kerukunan dan toleransi antar umat beragama.

7 Akmal Syafril Hamka Tentang Toleransi Beragama dalamrubrik Islamia Republika Kamis 15 Desember 2011. 8Nurcholish Madjid Dialog Keterbukaan Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Sosial.

Menurut Muhammad Maftuh Basyuni dalam seminar kerukunan antar umat beragama tanggal 31 Desember 2008 di Departemen Agama mengatakan bahwa kerukunan umat beragama merupakan pilar kerukunan nasional adalah sesuatu yang dinamis karena itu harus dipelihara terus dari waktu ke waktu. Prasangka-prasangka negatif antar umat beragama jadi dengan adanya toleransi dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Sehingga adanya toleransi masing-masing individu maupun kelompok dapat menjalankan ibadah mereka masing-masing tanpa dihantui perasaan takut oleh ancaman maupun tindakan kekerasan dari agama lain. Semoga makalah ini dapat membantu memperluas wawasan mahasiswa ataupun para pembacanya tentang kerukunan antar umat beragama.

Tentu saja makalah ini masih banyak kekurangan oleh karena itu kami selaku penyusun makalah ini mohon maaf atas segala kekurangan yang ada kami selalu menanti saran dan kritik dari dosen pembimbing maupun pembaca agar makalah ini menjadi lebih baik lagi kedepannya. Kerukunan Umat Beragama Pengertian Tujuan Fungsi Konsep Tri Kerukunan Meningkatkan Para Ahli.

Kerukukan antar umat beragama merupakan suatu kondisi dimana semua golongan agama dapat hidup bersama tanpa mengurangi hak dasar masing-masing untuk melakukan kewajiban agamanya. Toto Suryana Konsep dan Aktualisasi Kerukunan Antar Umat Beragama 130 Jurnal Pendidikan Agama Islam -Talim Vol.

2 - 2011 Bisa saja berbeda dalam ras bahasa maupun budaya tetapi semuanya bersatu dalam aqidahnya. Salah satu masalah yang dihadap umat Islam sekarang ini adalah rendahnya rasa kesatuan dan persatuan sehingga kekuatan.

Karena itu sangatlah mutlak bahwa persoalan kerukunan hidup antar umat beragama dan juga antar internal umat beragama harus dijadikan prioritas utama dalam kebijakan negara kapanpun juga dan di bawah kepemimpinan siapapun juga. Terakhir pengaduan tentang peristiwa pelanggaran kebebasan beragama dan berkeyakinan begitu tinggi.

Dialog antar umat beragama mempunyai fungsi kritis ke dalam dan ke luar. Dialog demikian menawarkan realitas baru untuk kemajuan hidup bersama dalam masyarakat karena terjadi proses yang dinamis.

Umat beragama seringkali bersikap konservatif merasa benar sendiri dogmatis. TOLERANSI BERAGAMA Di kalangan umat beragama senantiasa berkembang pandangan yang bercorak partikular yaitu klaim kebenaran agama religious truth claim.

Klaim ini berarti menegasikan to exclude agama lain. Adanya monopoli kebenaran yang eksklusif-konservatif.

Kerukunan Umat Beragama Pengertian Tujuan Fungsi Konsep Tri Kerukunan Meningkatkan Para Ahli. Kerukukan antar umat beragama merupakan suatu kondisi dimana semua golongan agama dapat hidup bersama tanpa mengurangi.

Tri kerukunan umat beragama merupakan konsep yang dikembangkan oleh pemerintah Indonesia dengan tujuan terciptanya kehidupan masyarakat Indonesia yang damai dan rukun antar umat beragama. Sesuai namanya tri kerukunan umat beragama adalah konsep yang berisi tiga pokok dalam kerukunan umat beragam.

id.scribd.com