Negara Hukum Dan Ham

Negara Hukum Dan Ham

Makalah tentang negara hukum rule of law dan ham di indonesia. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam makalah ini membahas tentang Rule Of Law dan HAM.

Akhirnya saya sampaikan terima kasih atas perhatiannya terhadap makalah ini dan penulis berharap semoga makalah ini bermanfaat bagi diri saya sendiri dan khususnya pembaca pada umumnya. Franz-Magnis Suseno 1990 melihat bahwa perlindungan HAM adalah salah satu elemen dari the rule of law selain hukum yang adil.

Kita bisa melacak akar prinsip the rule of law dari putusan-putusan pengadilan internasional seperti Pengadilan Hak Azasi Manusia HAM Eropa dan Komite HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB untuk mengetahui pembahasan antara the rule of law dan Hak Asasi Manusia. Makalah ini berisikan tentang informasi mengenai rule of law dan hak asasi manusia.

Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh karena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.

Negara Indonesia pada hakikatnya menganut prinsip Rule of Law and not of Man yang sejalan dengan pengertian nomocratie yaitu kekuasaan yang dijalankan oleh hukum atau nomosDalam negara hukum yang demikian ini harus diadakan jaminan bahwa hukum itu sendiri dibangun dan ditegakkan menurut prinsip-prinsip demokrasi. Rule of law adalah doktrin hukum yang muncul pada abad ke-19 seiring dengan negara konstitusi dan demikrasi.

Rule of Law adalah konsep tentang common law yaitu seluruh aspek negara menjunjung tinggi supremasi hukum yang dibangun di atas prinsip keadilan dan egalitarianRule of law adalah rule by the law bukan rule by the man. RULE OF LAW adalah RULE BY THE LAW.

Makalah HAK asasi manusia dan rule of law. Jika kita melihat perkembangan HAM di Negara ini ternyata masih banyak bentuk pelanggaran HAM yang sering kita temui.

Adapun contoh dari pelanggaran HAM terhadap anak di Indonesia adalah Eksploitasi Terhadap Anak. Hukum dan para profesional di bidang hukum menurut standar-standar kualitas baku yang bersifat universal.

1 Keynote speech dalam rangka pembukaan Sarasehan The Rule of Law in Indonesia diselenggarakan oleh The World Justice Project WJP di Jakarta 20 Januari 2015. Sebagai negara hukum salah satu ciri dan prinsipnya adalah penghormatan terhadap hak asasi manusia HAM.

HAM yaitu seperangkat hak yang melekat pada hakekat dan keberadaan manusia sebagai mahluk allah dan merupakan anugrah yang wajib di hormati di junjung tinggi dan di lindungi oleh negara hukum pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat martabat manusia uu no 39. Negara Indonesia pada hakikatnya menganut prinsip Rule of law yaitu kekuasaan yang dijalankan oleh hukum.

Dalam negara hukum yang demikian ini harus diadakan jaminan bahwa hukum itu sendiri dibangun ddan ditegakkan menurut prinsip-prinsip demokrasi. Sayangnya hukum di Negara Indonesia masih kurang dalam penegakannya terutama penegakan aturan hukum di kalangan pejabat-pejabat dibandingkandengan penegakan hukum di kalangan menegah ke bawah.

Hak Asasi Manusia HAM dan Rule of Law. Qurratul Ain AMa I.

Pendahuluan Pasal 1 ayat 3 Perubahan Ketiga Undang-Undang Dasar UUD 1945 menegaskan bahwa Negara Indonesia berdasarkan atas negara hukum the rule of law. Pakar ilmu sosial Franz-Magnis Suseno 1990 melihat bahwa perlindungan HAM adalah salah satu elemen dari the rule.

Rule of Law adalah suatu doktrin hukum yang mulai muncul pada abad ke 19 bersamaan dengan kelahiran negara konstitusi dan demokrasi. Ia lahir sejalan dengan tumbuh suburnya demokrasi dan meningkatnya peran parlemen dalam penyelenggaraan negara dan sebagai reaksi terhadap negara absolut yang berkembang sebelumnya.

Makalah hak asasi Manusia dan Rule of Law Pendahuluan 11 Latar belakang Hak Asasi Manusia HAM merupakan hak-hak yang dimiliki manusia sejak ia lahir yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapapunHak Asasi merupakan sebuah bentuk anugrah yang diturunkan oleh Tuhan sebagai sesuatu karunia yang paling mendasar dalam hidup manusia yang paling berharga. Rule of Law adalah suatu doktrin yang mulai muncul pada abad ke 19 bersamaan dengan kelahiran Negara konstitusi dan demokrasi.

Rule of Law merupakan konsep tentang common law dimana segenap lapisan masyarakat dan Negara beserta seluruh kelembagaannya menjungjung tinggi supremasi hukum yang dibangun diatas prinsip keadilan dan egalitarian. Kondisi Rule of Law dan HAM di Indonesia dapat dikatakan ideal karena adanya UU tentang HAM dan adanya lembaga penegak hukum.

Namun jika di lihat dari penerapannya Indonesia belum memiliki kondisi yang ideal karena masih banyak pelanggaran-pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia. Keterlibatan para penegak hukum dalam kasus suap dan korupsi menjadi fakta yang tidak lagi bisa ditutupi dan menunjukkan kebobrokan penegakan hukum di negara kita.

Dari pembahasan artikel kali ini tentang ciri-ciri rule of law dan bagaimana penerapannya di Indonesia diharapkan bisa membuka mata kita mengenai keadaan penegakan hukum di Indonesia. Rule of Law Paradigma Hukum Islam.

PENDAHULUAN World Justice Project telah menerbitkan indeks negara hukum di dunia. Parameter yang digunakan adalah penerapan rule of law pada 126 negara.

Pemeringkatan ini di dasarkan pada pemikiran bahwa rule of law yang efektif mampu mengurangi korupsi. Makalah-INDONESIA SEBAGAI NEGARA HUKUM YANG BERDASARKAN PANCASILA Written by Prof.

Suko Wiyono SH MH. Wednesday 21 September 2011 1044 INDONESIA SEBAGAI NEGARA HUKUM YANG BERDASARKAN PANCASILA The basic concept of Indonesia is a constitutional state basically can not be separated from the travel history of Indonesia before independence.

Negara Hukum bersandar pada keyakinan bahwa kekuasaan negara harus dijalankan atas dasar hukum yang adil dan baik. Ada dua unsur dalam negara hukum yaitu pertama.

Hubungan antara yang memerintah dan yang diperintah tidak berdasarkan kekuasaan melainkan berdasarkan suatu norma objektif yang juga mengikat pihak yang memerintah. Norma objektif itu harus memenuhi syarat bahwa tidak hanya.

22 karena hukum itu dibuat oleh mereka yang berwenang membuatnya dan telah diundangkan tetapi hukum itu sendiri harus baik dan adil27 Itulah perbedaan yang sangat signifikan antara Rule of Law Rechstaat dan Etat de droit dengan Gesezessstaat dan Socialist Legality. Merujuk kepada beberapa pengertian dari konsep negara hukum.

www.slideshare.net