Ontologi Sains

Ontologi Sains

Makalah tentang ontologi sains. Makalah tentang ONTOLOGI SAINS 2014 5 November 5 2013 14 November 2 Maret 6 Februari 4 Januari 2 Diberdayakan oleh Blogger. Materi Mata Kuliah Teori Komunikasi Tentang Komunikasi Publik.

Istilah ontologi berasal dari kata Yunani onta yang berarti sesuatu yang sungguh-sungguh ada kenyataan yang seseungguhnya dan logos yang berarti teori atau ilmu. 1 Noeng Muhadjir dalam bukunya Filsafat Ilmu mengatakanontologi membahas tentang yang ada yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Perkembangan sebagai produk berpikir merupakan obor dan semen peradaban di mana manusia menemukan dirinya dan menghayati hidup dengan lebih sempurna.

Berbagai peralatan dikembangkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya dengan jalan menerapkan pengetahuan yang diperolehnya. Proses penemuan dan penerapan itulah menghasilkan kapak dan batu zaman dulu.

Pengertian Ontologi Ilmu Sains. Istilah ontologi berasal dari kata Yunani onta yang berarti sesuatu yang sungguh-sungguh ada kenyataan yang seseungguhnya dan logos yang berarti teori atau ilmu1 Noeng Muhadjir dalam bukunya Filsafat Ilmu mengatakanontologi membahas tentang yang ada yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu.

Untuk bisa mengerti lebih baik tentang makna ontology agar tidak terjebak hanya pada satu pola filsafat saja maka dalam makalah ini akan kita bandingkan konsep filsafat islam yang dibangun berdasarkan pemahaman terhadap ajaran Islam atau berdasarkan pemahaman terhadap Al-Quran dengan filsafat Barat yang bangunan konseptualnya tidak dilandasi pada konsep keimanan atau dengan kata lain. MAKALAH ONTOLOGI SAINS Pengertian Ontologi dan Sains dan Landasan Berpikir Ontologis.

Akan dibahas lebih luas dan mendalam dalam makalah ini. Menurut bahasa Ontology berasal dari bahasa Yunani yaitu.

OnOntos ada dan Logos ilmu. Jadi ontologi adalah ilmu tentang yang ada.

Menurut istilah Ontology adalah ilmu yang membahas tentang hakikat yang ada yang. Makalah Ontologi Sains Posted on 22 Maret 2016 by burangasitamaymo BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang Perkembangan sebagai produk berpikir merupakan obor dan semen peradaban di mana manusia menemukan dirinya dan menghayati hidup dengan lebih sempurna. Menyadari pentingnya peran dari filsafat ilmu dalam konteks pengetahuan sains maka makalah ini menyebutkan beberapa hal tentang hakikat dalam pengetahuan sains ontologi sains dan epistimologi sains sehinggga diharapkan dapat menembah pengetahuan dan pemikiran-pemikiran yang lebih baik dari sebelumnya tidak hanya para mahasiswa namun juga masyarakat umumnya.

Dari penjelasan diatas dengan mengambil beberapa sumber buku tentang ontologi ilmumaka penulis menganalisa bahwa sains pada hakikatnya ilmu yang bersifat rasional-empiris atau teori ilmiah yang dapat dibuktikan dengan pertautannya antara sebab dan akibat jadi sains penyelidikannya melalui riset. Oleh karena rasional-empiris tersebut maka struktur sainssecara garis besar terbagi menjadi dua.

Ontologi merupakan suatu teori tentang makna dari suatu objek property dari suatu objek serta relasi objek tersebut yang mungkin terjadi pada suatu domain pengetahuan. Ringkasnya pada tinjauan filsafat ontologi adalah studi tentang sesuatu yang ada.

Pembahasan ontologi terkait dengan pembahasan mengenai metafisika. Istilah ontologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata yaitu ta onta berarti yang berada dan logi berarti ilmu pengetahuan atau ajaran.

Maka ontologi adalah ilmu pengetahuan atau ajaran tentang keberadaan term ontologi pertama kali diperkenalkan oleh Rudolf. 3 ontologi adalah cabang filsafat yang mencoba melukiskan hakikat terakhir yang ada yaitu Yang Satu Yang Absolut Bentuk Abadi Sempurna dan keberadaan segala sesuatu yang mutlak bergantung kepada-Nya dan 4 ontology adalah cabang filsafat yang mempelajari tentang status realitas apakah nyata atau semu apakah pikiran itu nyata dan sebaginya 15 B.

Epistemologi Pengetahuan Sains. Menyadari pentingnya peran dari filsafat ilmu dalam konteks pengetahuan sains maka makalah ini menyebutkan beberapa hal tentang hakikat dalam pengetahuan sains ontologi sains dan epistimologi sains sehinggga diharapkan dapat menembah pengetahuan dan pemikiran-pemikiran yang lebih baik dari sebelumnya tidak hanya para mahasiswa namun juga masyarakat umumnya.

Ketiga teori diatas sebenarnya sama-sama membahas tentang ilmu hanya saja mencakup hal dan tujuan yang berbeda. Ontologi membahas tentang apa objek yang kita kaji bagaimana wujudnya yang hakiki dan hubungannya dengan daya pikir Epistemologi membahas tentang bagaimana mendapat pengetahuan bagaimana kita bisa tahu dan dapat membedakan dengan yang lain sedangkan Aksiologi membahas tentang.

Demikianlah pembahasan kelompok kami tentang Ontologi Ilmu pengetahuan. Pembahasan kami hanya merunut dimanakah posisi dan peran ontologi dalam dunia keilmuan.

Kami sadari dalam makalah ini masih banyak kekurangan sehingga kami sebagai penyaji memohon saran dan kritik pembangun sebagai alat pacu perbaikan bagi kami. Ontologi membahas tentang yang ada yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu.

Ontologi membahas tentang yang ada yang universal menampilkan pemikiran semesta universal. Ontologi berupaya mencari inti yang termuat dalam setiap kenyataan atau dalam rumusan Lorens Bagus.

Menjelaskan yang ada yang meliputi semua realitas dalam semua bentuknya. Contoh Makalah Ontologi Filsafat Ilmu dan Aliran-Alirannya BAB I PENDAHULUAN A.

Latar belakang Makalah Filsafat membahas segala sesuatu yang ada bahkan yang mungkin ada baik bersifat abstrak ataupun riil meliputi Tuhan manusia dan alam semesta. Sehingga untuk memahami masalah filsafat sangatlah sulit tanpa adanya pemetaan-pemetaan dan mungkin kita hanya bisa menguasai sebagian dari luasnya.

Menyadari pentingnya peran dari filsafat ilmu dalam konteks pengetahuan sains maka makalah ini menyebutkan beberapa hal tentang bagaiaman proses fenomena tersebut terjadi bagaimana hukum atau teori yang telah dikemukakan oleh para ilmuwan dan apakah hakikat dari ilmu sains itu ontologi epistimologi dan aksiologi sains bagaimana cara sains menyelesaikan masalah dan apa sajakah manfaat. DAN AKSIOLOGI PENGETAHUAN SAINS.

MAKALAH ONTOLOGI EPISTEMOLOGI DAN AKSIOLOGI. 2018 - ontologi ontologi adalah ilmu tentang keberadaan sesuatu secara nyata faktual dan konkret ontologi juga memunculkan berbagai studi lain seperti filsafat manusia filsafat budaya dan metafisikaFilsafat Ilmu Mengurai Ontologi Epistemologi dan.

id.scribd.com