Jati Diri P Kn

Jati Diri P Kn

Makalah tentang pendidikan kewarganegaraan sebagai jati diri bangsa. MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IDENTITASJATI DIRI BANGSA Disusun oleh kelompok 2 Aziz Khairuzzaman 195030207111046 Nurul Istikhomah 195030201111042 Wahyu Nur Aziz 195030200111046 FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI PROGRAM STUDY ILMU ADMINISTRASI BISNIS. Sehingga dapat mencerdaskan bangsa menumbuhkan kepercayaan terhadap jati diri serta moral bangsa komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi dan Hak Asasi Manusia dalam kehidupannya.

Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan Tujuan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan adalah untuk mengembangkan kemampuan-kemapuan sebagai berikut. Pendidikan kewarganegaraan dirancang dengan maksud untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warganegara dengan Negara serta pendidikan bela Negara sebagai bekal agar menjadi warganegara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara.

Sedangkan tujuan Pendidikan. Menurut Iriyanto Mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan MPK adalah suatu program pendidikan nilai yang dilaksanakan melalui proses pembelajaran di Perguruan Tinggi dan berfungsi sebagai model pengembangan jati diri dan kepribadian para mahasiswa bertujuan untuk membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha.

Yang menjadi rumusan masalah makalah ini yaitu Pendidikan Kewarganegaraan Pancasila Filsafat Pancasila Undang-Undang 1945 dan Konstitusi. Secara filosofis ini dapat diinterpretasikan sebagai pernyataan mengenai kedudukan Pancasila sebagai jati diri bangsa.

Pancasila adalah pernyataan tentang jati diri bangsa Indonesia. Pendidikan kewarganegaraan menduduki peran penting dalam kehidupan suatu bangsa.

Pendidikan Kewarganegaraan menitikberatkanpada kemampuan penalaran ilmiah yang kognitif dan efektif tentang bela negara dalam rangka Ketahanan Nasional sebagai suatu strategi bagi Indonesia. Kepribadian atau jati diri bangsa.

Media massa baik elektronik maupun cetak memiliki fungsi edukatif atau pun nonedukatif bergantung dari muatan pesan informasi yang disampaikannya Dalam konteks cakupan pembangunan karakter secara makro di muka maka Pendidikan kewarganegaraan sebagai program kurikuler yakni sebagai. Kemampuan mengembangkan kreatifitas yang mencerminkan jati diri bangsa yang syarat dengan nilai-nilai sosial kultural ke-indonesiaan.

Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Politik Pendidikan Nilai dan Moral Pendidikan Karakter Kebangsaan Pendidikan Kemasyarakatan Pendidikan. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.

Hal ini berarti jika bahasa daerah di Indonesia yang berjumlah 746 Pusat Bahasa 2008 punah musnahlah jati diri suku bangsa penutur bahasa daerah itu. Fakta ini menyatakan bahwa bahasa berperan penting dalam pemertahanan jati diri suatu komunitas atau bangsa.

Dengan demikian bahasa sebagai jati diri suatu bangsa harus dipertahankan. Pendidikan Kewarganegaraan Pengertian Makalah Sejarah Tujuan Warga negara dapat diartikan dengan orang-orang sebagai bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur negaraIstilah warga negara lebih sesuai dengan kedudukannya sebagai orang merdeka dibandingkan dengan istilah hamba atau kawula negara karena warga negara mengandung arti peserta dari suatu persekutuan yang didirikan.

Keterangan Lebih lanjut mengenai Madrasah Diniyah sebagai Pendidikan Non Formal telah dijelaskan secara rinci dalam PP no. 55 tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan pasal 22 yaitu bahwa Pendidikan diniyah nonformal diselenggarakan dalam bentuk pengajian kitab Majelis Taklim Pendidikan Al Quran Diniyah Takmiliyah atau bentuk.

Hakikat pendidikan kewarganegaraan adalah upaya sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan negara. Jati diriatau yang lazim juga disebut identitasmerupakan ciri khas yang menandai seseorang sekelompok orang atau suatu bangsaJika ciri khas itu menjadi milik bersama suatu bangsa hal itu tentu menjadi penanda jati diri bangsa tersebut.

Seperti halnya bangsa lain bangsa Indonesia juga memiliki jati diri yang membedakannya dari bangsa yang lain di dunia. PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN.

KARAKTER BANGSA dan Kehidupan sehari hari BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam UU No.

20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa disetiap jenis jalur dan jenjang pendidikan wajib memuat pelajaran yang terdiri dari Pendidikan Bahasa Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan. Melupakan jati diri masyarakat bangsa dan negaranya.

2 2 Pendapat lain tentang Pedidikan Kewarganegaraan dijelaskan Sanusi 1999 dengan menawarkan model pendidikan yang didasarkan pada sepuluh pilar demokrasi meliput. 1 Ketuhanan Yang Maha Esa 2 Hak Asasi Manusia 3.

Pendidikan Kewarganegaraan adalah sebagai. Makalah Pancasila dan Pembangunan Karakter Bangsa ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Pancasila 2.

Selain itu juga dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai pembangunan karakter bangsa. Penulis berharap makalah ini dapat memberi gambaran ataupun menjadi referensi kita dalam mengenal dan mempelajari Pancasila dan Pembangunan Karakter Bangsa.

Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah umum Pendidikan KewarganegaraanCivic Education. Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

Penulis membuat makalah ini dari kumpulan buku dan internet sebagai pedoman membuat makalah. Hakikat pendidikan kewarganegaraan adalah upaya sadar dan terencana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bagi warga negara dengan menumbuhkan jati diri dan moral bangsa sebagai landasan pelaksanaan hak dan kewajiban dalam bela negara demi kelangsungan kehidupan dan kejayaan bangsa dan negara.

Pendidikan Kewarganegaraan untuk Pembentukan Karakter Demokratis Warga Negara Menghubungkan pendidikan kewarganegaraan dengan pembentukan karakter demokratis warga negara bukanlah sesuatu yang asing. Sejak kelahirannya pendidikan kewarganegaraan memang didesain sebagai upaya mempersiapkan.

Pendidikan Pancasila ini dapat lebih fokus dalam membina pemahaman dan penghayatan mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia. Artinya pendidikan Pancasila diharapkan menjadi ruh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalitas mereka sesuai dengan bidang studi masing-masing.

www.slideshare.net