Makalah Ziarah Kubur

Makalah Ziarah Kubur

Makalah tentang ziarah kubur. MAKALAH TENTANG ZIARAH KUBUR. 28 Desember 2017 oleh MUHAMMAD JAYADI.

Oleh karena itu penulis akan membahas berbagai pendapat para ulama tentang ziarah kubur bahwa sesungguhnya ziarah kubur itu bukanlah sesuatu yang diharamkan atau bidah melainkan suatu hal yang dianjurkan oleh agama. Home Fiqh MAKALAH TENTANG ZIARAH KUBUR MAKALAH TENTANG ZIARAH KUBUR.

63300 AM uce elkhawarizmy Fiqh. A A-Print Email.

Di antara masalah furuiyah yang diungkit-ungkit oleh kaum yang mengaku dirinya sebagai pembaharu islam adalah masalah ziarah kubur. Bilamana ziarah kubur kosong dari maksud dan tujuan tersebut maka itu bukanlah ziarah kubur yang diridhoi oleh Allah.

Al-Imam Ash-Shanani rahimahullah mengatakan. Semuanya menunjukkan tentang disyariatkannya ziarah kubur dan penjelasan tentang hikmah yang terkandung padanya yaitu agar dapat mengambil ibrah pelajaran.

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAB ZIARAH KUBUR DALAM ISLAM Disusun Oleh. Hadi Prasetya 16102003 KELAS B PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER STMIK STIKOM INDONESIA 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang karena anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Adab Ziarah Kubur Dalam Islam ini.

View makalah ziarah kuburdocx from aa 1makalah agama tentang ziarah kubur disusun oleh. Nesya aulianti putri 4.

Menurut Orang Jawa Ziarah kubur merupakan satu dari sekian tradisi yang ada di jawa dan berkembang di masyarakat jawa. Berbagai maksud dan tujuan maupun motivasi selalu menyertai aktivitas ziarah kubur.

Ziarah kubur yang dilakukan oleh masyarakat jawa ke kuburan dianggap keramat sebenarnya ini terpengaruh jawa-Hindu. Sedangkan ziarah kubur adalah mengunjungi makam kuburan orang-orang Islam dengan maksud untuk mengambil pelajaran yang berkaitan dengan kematian dan kehidupan di akhirat dan mendoakannya supaya dosa-dosa mereka diampuni oleh Allah.

Makalah Fiqih Tentang Taziyah dan Ziarah Kubur. Hukum ziarah pada mulanya haram kemudian Rasulullah Saw membolehkannya.

Tradisi ziarah kubur yang penulis fokuskan adalah Tradisi Ziarah Kubur Studi Kasus Perilaku Masyarakat Muslim Karawang yang mempertahankan tradisi ziarah kubur pada makam Syeh Quro di Kampung Pulobata Karawang Tahun 1970-2013. Azab Kubur Dalam Perspektif Hadis Kajian Tematik Hadis Tentang Azab Kubur Di bawah Bimbingan.

Sesungguhnya azab dan nikmat kubur adalah azab barzakh dan nikmatnya. Dalam bahasa Arab kata ʼAdzab bentuk jamaknya adzibah artinya siksaan.

Sedangkan makna barzakh adalah alam kubur yang merupakan alam pemisah. Seperti telah disinggung dalam bab Ziarah kubur tabarruk tiada lain adalah satu pola keberagaman dan cara berdoa orang Islam dari zaman Nabi SAWSampai sekarang.

Subtansi tabarruk adalah praktek tawassul. Sebab keduanya sama- sama merupakan salah satu cara berdoa atau upaya untuk meluluskan harapan.

Ziarah Kubur dalam Islam. Pada awalnya ziarah kubur adalah bentuk ibadah yang dilarang atau diharamkan.

Hal ini disebabkan masyarakat arab saat itu masih belum berkembang pemikirannya dan keimanannya pun belum kuat sedangkan di masyarakat kepercayaan terhadap hal ghaib dan mistis yang bisa membawa kesyirikan masih tersebar luas. Tujuan ziarah kubur selain mendoakan ahli kubur juga mengingatkan para penziarah tentang kehidupan setelah mati.

Agar supaya berintrospeksi diri dalam perilaku perbuatan di dunia ini. Pengaruh eskatologi ziarah kubur terhadap nilai spiritual adalah setelah manusia memahami tentang dimensi eskatologi ziarah kubur.

Ziarah kubur dalam islam adalah sesuatu yang diperbolehkan atau tidak dilarang. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam beberapa hadist yang menerangkan tentang ziarah kubur.

Dalam hadist berikut ini disampaikan bahwa ziarah kubur awalnya pernah dilarang namun kemudian Rasul memperbolehkan untuk mengambil hikmah dan pelajaran darinya. Ya Allah ampunilah para penghuni kubur Baqi pemakaman penduduk Madinah pen Tidaklah Nabi shallallahu alaihi wa sallam membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya dari Al-Quran ketika berziarah kubur.

Oleh karena itu membaca surat Al-Fatihah ketika ziarah kubur termasuk bidah demikian pula membaca surat Al-Quran yang lainnya. Untuk kaum laki-laki ulama fiqih tidak ada pertentangan mengenai hukumnya yakni sunnah.

Bahkan Ibnu Hazm mengatakan Sesungguhnya ziarah kubur itu wajib meski sekali seumur hidup karena ada perintahnya Namun untuk perempuan ulama fiqih berselisih pendapat. Sunnah Bagi Perempuan Seperti Halnya Laki-laki.

Bahkan legalitas melaksanakan ziarah kubur ini telah disepakati oleh seluruh mazhab umat islam. Hal ini seperti disampaikan dalam kitab Hujjah Ahlissunnah Wal Jamaah.

زيارة القبور تجيزها مذاهب المسلمين كلها Ziarah kubur diperbolehkan oleh seluruh mazhab umat islam KH. Demikianlah artikel mengenai pengertian ziarah kubur adab ziarah kubur dan tata cara ziarah kubur.

Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai Ziarah Kubur. Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar.

Diperbolehkan ziarah kubur dengan tujuan supaya ingat akan mati dan mendoakan arwah yang sudah ada di alam barzah12 Wisata Ziarah adalah jenis wisata yang dikaitkan dengan agama kepercayaan ataupun adat istiadat dalam masyarakat. Wisata Ziarah dilakukan baik perseorangan atau rombongan dengan.

Kegiatan ziarah kubur di hari raya idul fitri ini merupakan rangkaian panjang dari kegiatan bulan suci ramadhan. Bagi seorang muslim akan merasa kurang maksimal merayakan hari raya idul fitrinya bila tidak melakukan ziarah kubur ke makam leluhur orangtua atau sanak-saudara yang telah mendahuluinya.

Syariat yang telah disebutkan di atas tentang ziarah kubur adalah disunnahkan bagi laki-laki berdasarkan dalil-dalil dari hadits-hadits maupun hikayat ijma tersebut di atas. Adapun bagi wanita maka hukumnya adalah mubah boleh makruh bahkan sampai kepada haram bagi sebagian wanita.

id.scribd.com