Doc Makalah Bela Negara Kel 5 Fix Giovannica Zendi Academia Edu

Doc Makalah Bela Negara Kel 5 Fix Giovannica Zendi Academia Edu

Makalah upaya bela negara bagi kalangan mahasiswa. Padahal berdasarkan pasal 30 UUD 1945 bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga Negara republik indonesia. Bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republic Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri.

Makalah Peranan Mahasiswa dalam Bela Negara sebagai Upaya Mempertahankan NKRI Disusun Oleh. Muhamad Rizal Dinyat 0115101511 AKUNTANSI N TAHUN AJARAN 2015-2016 UNIVERSITAS WIDYATAMA.

KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT. Atas berkat rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik-baiknya.

Bagi bangsa dan negara. Wujud bela negara ialah cinta tanah air kesadaran berbangsa dan bernegara yakin akan kesaktian Pancasila rela berkorban untuk bangsa dan negara serta mempunyai kemampuan awal bela negara.

Metode penelitian yang digunakan ialah angket dengan analisis kuantitatif pada nilai mean. Kesadaran bela negara pada mahasiswa.

Rumusan MasalahMasalah dan topik pembahasan dalam makalah ini adalah sebagai berikut. Bela negara juga dapat dimaknai sebagai upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik Indonesia terhadap ancaman baik dari luar maupun dalam negeri dengan cara penyelenggaraan pertahanan negara yang dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia maupun oleh seluruh komponen bangsa.

2Upaya bela Negara terhadap ancaman penyalahgunaan Narkoba. 3Upaya bela Negara terhadap ancaman KKN.

4Upaya bela Negara terhadap ancaman perusakan lingkungan. 5Upaya bela Negara terhadap ancaman kemiskinan.

6Upaya bela Negara terhadap ancaman kebodohan. 7Upaya bela Negara tehadap ancaman lunturnya persatuan dan kesatuan bangsa.

8Upaya bela Negara terhada ancaman budaya asing yang. Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Pembelaan negara bukan semata-mata tugas tni tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan. Upaya bela negara tidak hanya berperang tetapi mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar negeri pun disebut bela negara.

Apakah hal ini merupakan indikator kurangnya dorongan prestatif di kalangan mahasiswa masih perlu diteliti. Oleh karena itu keberadaan mahasiswa bagi suatu daerah merupakan modal sosial yang luar biasa yang dapat.

Spektrum bela negara itu sangat luas dari yang paling halus hingga yang paling keras. Mulai dari hubungan baik sesama warga negara sampai bersama-sama menangkal ancaman nyata musuh bersenjata.

2 Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara. Unsur Dasar Bela Negara.

Bela negara mencakup bela negara secara fisik atau militer dan bela negara secara nonfisik atau nirmiliter dari dalam maupun luar negeri. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara.

Bela Negara dapat secara fisik yaitu dengan cara memanggul senjata menghadapi serangan atau agresi musuh. Mahasiswa juga besar potensinya sebagai generasi penerus yang terpilih yang kelak akan menjadi potensi yang sangat menentukan bagi kehidupan bangsa dan negara.

Mereka merupakan calon-calon pemimpin penerus dan penggerak pembangunan yang harus ikut menjaga eksistensi dan kejayaan negara. Sebagai mahasiswa harus ikut serta dalam bela negara.

Bela negara bagi mahasiswa dapat dilakukan dengan menempuh masa pendidikan di perguruan tinggi PT dengan tepat waktu sesuai dengan ketentuan masing-masing PT. Semakin tepat ia menjemput kelulusan maka akan semakin tepat pula ia dalam melakukan bela negara untuk negeri ini.

Pengertian Bela Negara Dasar Hukum Makalah Contoh Dan Bentuk Sebagai warga Negara Indonesia kita wajib untuk membela Negara kita tercinta ini dari setiap ancaman baik dari dalam maupun luar negara. Meskipun bangsa Indonesia sekarang telah merdeka namun kita tetap memiliki tugas untuk menjaga dan membelanya salah satunya ialah dengan mengisi kemerdekaan tersebut.

Keikutsertaan warga negara dalam upaya menghadapi ancaman tentu saja dengan upaya bela negara. 22 Menurut Undang-Undang No.

3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara keikutsertaan warga negara dalam bela negara secara fisik dapat dilakukan dengan menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia dan Pelatihan Dasar Kemiliteran. Apalagi kurikulum bela negara dinilai terbukti menjadi salah satu upaya untuk mencegah pengaruh negatif yang memengaruhi mahasiswa seperti terorisme paham radikal dan narkotika.

Humas Kementerian Pertahanan Menteri Pertahanan Menhan Ryamizard Ryacudu bersama jajarannya di Kementerian Pertahanan Kemhan berfoto dengan para pimpinan. Bela negara secara fisik dilakukan untuk menghadapi ancaman dari luar.

Sedangkan bela negara secara non fisik dapat didefinisikan sebagai segala upaya untuk mempertahankan negara kesatuan republik indonesia dengan cara meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara menanamkan kecintaan terhadap tanah air serta berperan aktif dalam memajukan. 4 Cara Mewujudkan Bela Negara Bagi Generasi Muda yang wajib semua generasi penerus bangsa ketahui sehingga kita semua bisa membela Bangsa Indonesia.

Dalam upaya Bela Negara mahasiswa diharapkan dapat ikut ambil bagian dalam memerangi narkoba di lingkungan kampus maupun di luar kampus menolak keterlibatan dalam paham-paham radikalisme dan ikut serta melakukancounter narasi terhadap paham-paham radikal ujaran kebencian dan narasi-narasi yang memecah belah bangsa. Padahal berdasarkan pasal 30 UUD 1945 bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Republik Indonesia.

Bela negara adalah upaya setiap warga negara untuk mempertahankan Republik. Implementasi upaya bela negara dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali contohnya yang dapat kita terapkan dengan hal-hal yang bermanfaat di kehidupan keseharian kita bela negara bisakita lakukan dimulai dari diri kita sendiri sebagi contoh dengan kita belajar rajin dan sungguh-sungguh disamping kita akan menjadi orang yang berilmu dan.

Tercakup di dalamnya adalah bersikap dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan Negara. Selain itu dalam upaya menjaga kesadaran bela negara dibuatlah sebuah momen untuk memperingatinya.

Hari yang sudah ditetapkan sebagai hari Bela Negara dipilih tanggal 19 Desember. Penetapan ini dimulai tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

www.academia.edu