Pdf Makalah Wawasan Kebangsaan Faisal Arief Academia Edu

Pdf Makalah Wawasan Kebangsaan Faisal Arief Academia Edu

Makalah wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional. Ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu di implementasikan secara berlanjut dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang ingin diwujudkan wawasan nusantara dan ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konseptual yang didasari oleh Pancasil sebagai landasan ideal dan UUD sebagai. Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan Indonesia.

Sejarah mencatat bahwa setidaknya ada empat hal yang dapat menjadi perekat bangsa yaitu pertama. Indonesia Menyongsong Abad Asia Pasifik Jilid II Dalam Perspektif Ketahanan Nasional Makalah Gubernur Lemhannas RI pada Seminar Nasional Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia 3 Mei 2014.

Kedudukan Ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu di implementasikan secara berlanjut 6 dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang ingin diwujudkan wawasan nusantara dan ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konseptual yang didasari oleh Pancasil sebagai landasan ideal dan. Ketahanan Nasional Pengertian Makalah Wawasan Dan Contohnya Lembaga Pertahanan Nasional didirikan pada 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964 dan langsung di bawah PresidenPada tahun 1983 lembaga ini berganti nama menjadi Ketahanan National yang berada di bawah Panglima Angkatan Bersenjata ABRI.

Konsepsi ketahanan nasional adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan terpadu berlandaskan UUD 1945 dan wawasan nusantara dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang. Konsepsi ketahanan nasional adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan terpadu berlandaskan UUD 1945 dan wawasan nusantara dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat hidayah dan inayah-Nya kepada sayasehingga saya dapat menyelesaikan makalah Pendidikan Kewarganegaraan tentang Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Kepentingan nasional mereka utamakan melebihi kepentingan pribadi kepentingan kelompok golongan dan kedaerahan.

Keterpaduan upaya yang disertai dengan tekad dan semngat yang tinggi ini di dasarkan adanya kesamaan persepsi dan cara pandang atau biasa disebut wawasan dalam mencapai tujuan nasional. Maksud dan Tujuan penulisan makalah yang berjudul Relevansi Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional di Era Globalisasi selain ditujukan sebagai tugas untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan juga sebagai rujukan agar pembaca dapat memahami tentang wawasan nusantara ketahanan nasional serta relevansinya di era globalisasi.

Nasionalisme dan Wawasan Kebangsaan Indonesia. Peran Strategis Menwa Yang Berkemampuan Teknologi Sebagai Bagian dari Potensi Ketahanan Nasional Makalah Gubernur Lemhannas RI pada Sarasehan dan Seminar Nasional 50 Tahun Menwa ITB Resimen Teknologi 22 Maret 2014.

Dengan ditulisnya makalah yang menjelaskan tentangwawasan nusantara ketahanan nasional dan hubungan antara wawasan usantara dan ketahanan nasional semoga kita semua bisa benar-benar memahami tentang apa yang seharusnya kita dapatkan sebagai warga negara di negeri ini. Ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu di implementasikan secara berlanjut dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang ingin diwujudkan wawasan nusantara dan ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konseptual yang didasari oleh Pancasil sebagai landasan ideal dan UUD sebagai.

Perumusan wawasan nasional bangsa Indonesia yang selanjtnya disebut Wawasan Nusantara itu merupakan salah satu konsepsi politik dalam ketatanegaraan Republik IndonesiaSebagai Wawasan nasional dari bangsa Indonesia maka wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan laut dan udara diatasnya dipandang sebagai ruang hidup lebensraum yang satu atau utuh. Contoh Makalah PKn.

WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesiakarena telah. Wawasan Kebangsaan merupakan konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah meliputi tanah darat air laut termasuk dasar laut dan tanah di bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan yang mempersatukan bangsa dan negara secara menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupan nasional yang meliputi aspek ekonomi politik sosial budaya dan.

Ketahanan nasional sebagai suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan dalam menghadapi segala ancaman dan mengatasi AGHT ancaman gangguan hambatan dan tantangan. Tujuan Ketahanan Nasional Ketahanan nasional diperlukan dalam menunjang keberhasilan tugas pokok pemerintahan seperti tegaknya hukum dan ketertiban terwujudnya kesejahteran dan kemakmuran terselenggaranya pertahanan dan keamanan terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial serta terdapatnya kesempatan rakyat untuk mengaktualisasi diri.

Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional pertahanan keamanan dan kewilayahan. Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanan negara ialah pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan yang mencakup seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.

Menurut Kelompok Kerja Wawasan Nusantara yang dibuat di LEMHANAS 1999. Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang sebaberagam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Implementasi wawasan nusantara senantiasa berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah tanah air secara utuh dan menyeluruh yaitu. Wawasan nusantara sebagai pancaran falsafah pancasila 2.

Wawasan nusantara dalam pembangunan nasional 3. Penerapan wawasan nusantara 4.

Hubungan wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

www.academia.edu