Doc Makalah Fiqh Zakat Macam Macam Pemberian Zakat Infak Sedekah Zis Fazi Artoni Academia Edu

Doc Makalah Fiqh Zakat Macam Macam Pemberian Zakat Infak Sedekah Zis Fazi Artoni Academia Edu

Makalah zakat infaq dan sedekah. Zakat merupakan salah satu pilar dari pilar islam yang lima Allah SWT. Telah mewajibkan bagi setiap muslim untuk mengeluarkannya sebagai penyuci harta mereka yaitu bagi mereka yang telah memiliki harta sampai nishab batas terendah wajibnya zakat dan telah lewat atas kepemilikan harta tersebut masa haul satu tahun bagi harta simpanan dan niaga atau telah tiba saat memanen hasil pertanian.

Tugas sekolah kali ini akan membahas makalah tentang agama islam yaitu pengertian ZakatInfaqSadaqah Dan Hibahbagi kalian yang sedang mencari materi pelajaran agama islam yang berhubungan dengan pengertian yang saya sebutkan tadiberikut saya bagikan pengertian dari masing masing ZakatInfaqSadaqah Dan Hibah sebagai berikut. Surah at-Taubah ayat 103 memerintahkan Nabi saw.

Mengambil zakat harta dari mereka yang memenuhi syarat-syarat. Demikian juga surah at-Taubah ayat 60 yang berbicara tentang mereka yang berhak menerima zakat dengan menggunakan kata shadaqah sedekah dalam arti zakat wajib1.

Manfaat Zakat Infaq dan Shadaqah. Makalah zakat infaq sedekah dan wakaf BAB I.

Umat Islam adalah umat yang mulia umat yang dipilih Allah untuk mengemban risalah agar mereka menjadi saksi atas segala umat. Tugas ummat Islam adlah mewujudkan kehidupan yang adil makmur tentram dan sejahtera dimanapun mereka berada.

Zakat infaq dan shadaqah merupakan hal yang sudah tidak asing lagi dikalangan umat muslim. 9 Didin Hafidhuddin Tentang Zakat Infak Dan Sedekah Jakarta.

Gema Insani 1998 17. 5 melalui peran Negara10 Bukan hanya zakat saja dana yang dihimpun oleh.

Umat yang masih rendah dan tidak merata. Pada dasarnya zakat dan infaq itu hampir sama dengan sedekah yakni menyisahkan sebagian harta untuk orang lain.

Dan Allah berjanji akan melipat gandakan balasan terhadap materi yang dikeluarkan tanpa membedakan makna zakat infaq dan sedekah. Sebagai Firman Allah swt.

Al-Baqarah 2. Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka Attaubah 9103 Dari ayat diatas nampak jelas bagi kita bahwa kata Shodaqoh diungkapkan dalam terjemahan dengan istilah zakat.

Demikian pula zakat atau sedekah juga terkadang diungkapkan dengan istilah infaknafkah sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wataala. Perbedaan Zakat Infak Sedekah dan Wakaf Pada kesempatan ini catatanmoeslimah akan kembali membahas seputar zakat infaq dan shodaqoh.

Masih banyak orang awam yang keliru mengartikan tentang ketiga kata tersebut padahal perbedaannya sangat jelas. Untuk itu perlu diketahui apa sih pengertian dari zakat itu sendiri infak juga sedekah.

Zakat infak dan sedekah biasa disingkat menjadi ZIS. Istilah ini sering kita dengar dan berkaitan dengan ibadah lewat harta atau uang.

Di balik nikmat rezeki yang Allah berikan untuk hamba-hamba-Nya ada bagian yang harus dikeluarkan dan dianjurkan untuk diserahkan kepada saudara kita yang lain. Zakat infak dan sedekah termasuk amal ibadah yang dianjurkan untuk dibayarkan dalam ajaran agama Islam.

Ibadah tersebut dilakukan dengan cara memberikan sesuatu yang kita miliki yang membawa manfaat bagi orang lain. Masyarakat umumnya terkaburkan oleh tiga istilah tersebut sehingga sering menyamakan ketiganya sebagai sedekah biasa.

Bersedekah dan berbagi kepada sesama merupakan kewajiban kita baik sebagai manusia maupun sebagai umat msulim pada khsususnya. Dalam Islam juga telah diatur mengenai jenis hukum cara mengenai sedekah.

Dalam kehidupan sehari-hari pastilah Anda sering mendengar istilah berikut. Zakat infaq shadaqah dan wakaf.

Hikmah Zakat Infaq dan Shadaqah yaitu Menghindari kesenjangan sosial antara orang kaya dan kaum dhuafa Membersihkan dan mengingkis akhlak yang buruk Alat membersih harta dan menjagah dari ketamakan orang jahat ungkapan rasa syukur atas nikmat yang allah berikan untuk pengembangan potensi ummat dukungan moral kepada prang yang baru masuk islam dan menolong membantudan membina kaum dhu. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah Fiqh Zakat yang berisi tentang Macam-Macam Pemberian Zakat Infak Sedekah ZIS semoga isi dari makalah yang kami buat bisa bermanfaat buat saudara semua.

Untuk teman teman yang ingin menanyakan. Zakat mempunyai beberapa arti diantaranya.

An-Nama tumbuh dan berkembang artinya bahwa harta yang dikeluarkan zakat darinya tidaklah akan berkurang justru akan tumbuh dan berkembang lebih banyakFaktanya sudah sangat banyak. Ath-Thaharah suci artinya bahwa harta yang dikeluarkan zakatnya akan menjadi bersih dan membersihkan jiwa yang memilikinya.

Berbeda dengan zakat sedekah tidak dibatasi atau tidak terikat dan tidak memiliki batasan-batasan tertentu. Sedekah selain bisa dalam bentuk harta dapat juga berupa sumbangan tenaga atau pemikiran dan bahkan sekedar senyuman.

Zakat merupakan salah satu rukun Islam dan menjadi salah satu unsur pokok tiang penegakan syariat Islam. Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat infak sedekah serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat.

Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara pendidikan Senyum Sehat kesehatan Senyum Mandiri pemberdayaan ekonomi serta Senyum Lestari inisiatif kelestarian lingkungan. Analisis Penerapan Akuntansi Zakat dan InfakSedekah PSAK 109 pada Yayasan Dompet Dhuafa Republika.

Laporan magang ini membahas tentang pencatatan dan pelaporan akuntansi yang diterapkan oleh Yayasan Dompet Dhuafa Republika DD. Kewajiban Organisasi Pengelola Zakat OPZ yang telah terdaftar untuk menerapkan PSAK 109.

Sesungguhnya sedekah-sedekah zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir dan orang-orang miskin dan amil-amil Yang mengurusnya dan orang-orang muallaf Yang dijinakkan hatinya dan untuk hamba-hamba Yang hendak memerdekakan dirinya dan orang-orang Yang berhutang dan untuk dibelanjakan pada jalan Allah dan orang-orang musafir yang keputusan Dalam perjalanan. Pencurian perampokan dan penjabretan adalah salah satu dampak dari keserakahan seseorang.

Selain itu akan muncul juga kebencian warga miskin terhadap orang kaya kalau Islam tidak mengajarkan manusia untuk zakat infaq dan sedekah. Jadi kalau hidup di dunia memiliki kelebihan harta sebaiknya bersyukur dengan ber-zakat infaq dan sedekah.

Sedangkan Infak infaq dipakai sebagai istilah bagi pemberian dalam rangka menunaikan hajatkepentingan tertentu. Pemberian uang belanja dari suami untuk kebutuhan rumah tangga pemberian upah pegawai dan semacamnya adalah infak.

Bila infak ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan pahala dari Allah maka ia menjadi sedekah.

www.academia.edu