Makalah Zat Aditif

Makalah Zat Aditif

Makalah zat aditif makanan. 12 Tujuan Adapun tujuan disusunnya makalah ini diantaranya sebagai berikut. 1 Memenuhi tugas akhir semester dan dipresentasikan 2 Membahas tentang apa itu zat aditif dan pengelompokkannya 3 Macam-macam bahan kimia yang terkandung dalam zat aditif dan apa keuntungan serta kerugian bagi kesehatan manusia.

Zat aditif dapat mencegah reaksi yang dapat membahayakan kesehatan dari suatu bahan makanan jika makanan tersebut sudah disimpan terlalu lama. Membuat penampakan luar dari suatu makanan menjadi lebih menarik dan enak rasanya untuk penggunaan zat-zat aditif kecuali pengawet c.

Penggunaan zat aditif dapata menghasilkan makanan yang tahan. Umumnya zat aditif alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan manusia.

Akan tetapi jumlah penduduk bumi yang makin bertambah menuntut jumlah makanan yang lebih besar sehingga zat aditif alami tidak mencukupi lagi. Oleh karena itu industri makanan memproduksi makanan yang memakai zat aditif buatan sintesis.

Pada awalnya zat-zat aditif tersebut berasal dari bahan tumbuh- tumbuhan yang selanjutnya disebut zat aditif alami. Umumnya zat aditif alami tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan manusia.

Akan tetapi jumlah penduduk bumi yang makin bertambah menuntut jumlah makanan yang lebih besar sehingga zat aditif alami tidak mencukupi lagi. Dewasa ini penggunaan zat aditif sudah tak asing lagi bagi masyarakat.

Hampir setiap produk makanan dalam kemasan yang dijual di supermarket memakai zat aditif dalam proses pengolahannya. Produsen berlomba-lomba membuat produk mereka terlihat menarik dengan menambahkan berbagai jenis zat aditif secara berlebihan padahal sebenarnya mereka tahu bahwa penggunaan zat aditif secara berlebihan itu.

Makalah Zat Adiktif Dan Psikotropika. Pengertian Macam Contoh Dampak Beserta Solusinya - Menurut WHO dan FAO Zat Adiktif yaitu bahan bahan yang ditambahkan.

Zat aditif makanan adalah zat yang ditambahkan dan dicampurkan pada waktu pengolahan makanan. Masuknya zat-zat aditif ini mungkin terjadi saat pengolahan pengemasan atau sudah terbawa oleh bahan-bahan kimia yang dipakai.

Aditif makanan adalah zat yang tidak alami bagian dari bahan makanan namun hadir dalam bahan makanan seperti pengobatan selama pengolahan penyimpanan atau kemasan. Tersedia sehingga makanan disajikan dalam lebih menarik baik rasa penampilan dan konsistensi serta kemudian sering penambahan aditif makanan sering disebut bahan kimia tambahan.

Zat Aditif - Makalah Materi tentang Zat Aditif beserta dengan pengertian fungsi jenis-jenis manfaat dan dampak pemakaiannya sebagai berikut ini. Ada macam-macam zat aditif pada makanan dilihat dari fungsinya.

Macam-macam zat aditif pada makanan juga telah dikembangkan dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan produksi makanan. Zat aditif makanan dapat digolongkan menjadi dua yaitu.

A aditif sengaja yaitu aditif yang diberikan dengan sengaja dengan maksud dan tujuan tertentu seperti untuk meningkatkan nilai gizi cita rasa mengendalikan keasaman dan kebasaan memantapkan bentuk dan rupa dan lain sebagainya dan b aditif tidak sengaja. Jenis zat aditif ini meliputi zat pengawet zat pewarna dan zat pemanis.

Zat pengawet dapat memperlambat pembusukan yang disebabkan oleh jamur udara bakteri atau ragi. Selain itu pengawet juga mampu menjaga kualitas makanan dan membantu mengendalikan kontaminasi pada makanan yang dapat menyebabkan penyakit seperti botulisme.

Makalah ini berisi uraian tentang bahan kimia rumah tangga zat aditif zat adiktif serta narkotika dan psikotropika. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini maka kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Wali Kelas yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini dan kami ucapkan terima kasih juga kepada Bapak.

Zat aditif makanan adalah zat atau campuran dari beberapa zat yang ditambahkan ke dalam makanan baik pada saat produksi pemrosesan pengemasan atau penyimpanan dan bukan sebagai bahan baku dari makanan tertentu. Bab 5 Zat Aditif dan Zat Adiktif Part 1 1.

Zat Aditif Zat aditif adalah bahan yang ditambahkan kedalam makanan atau minuman dalam jumlah kecil saat pembuatan makananPenambahan zat aditif bertujuan untuk memperbaiki penampilan cita rasa tekstur aroma memperpanjang daya simpan meningkatkan nilai gizi seperti protein mineral dan vitamin. Zat aditif pada makanan dibagi menjadi dua yakni zat aditif alami dan zat aditif buatan sintesis.

Umumnya zat aditif dapat kita temui pada makanan kemasan maupun makanan cepat saji. Tak heran kedua jenis makanan tersebut acap kali menggugah selera makan kita oleh karena cita rasa dan tampilannya yang menarik.

Zat aditif makanan langsung adalah zat yang ditambahkan ke makanan untuk tujuan tertentu dalam makanan itu. Misalnya xanthan gum digunakan dalam pengolahan salad susu cokelat pengisi roti puding dan makanan lain untuk menambah tekstur.

Beberapa zat yang ditambahkan pada makanan untuk keperluan tertentu dinamakan. Zat adiksi Jawaban.

Kunyit daun suji dan wortel adalah contoh. Penyedap alamiah Jawaban.

Zat Aditif Makanan. Dalam proses pembuatan makanan seringkali memang ditambahkan zat aditif dengan tujuan untuk memperbaiki tekstur atau penampakan cita rasa dan daya tahan penyimpanan.

Zat aditif tersebut terbagi ke dalam dua golongan yaitu zat aditif alami dan zat aditif buatan. Masing-masing memiliki kelebihan saat ditambahkan pada makanan.

Zat aditif pada makanan ini memiliki peran dalam menambah rasa warna dan umur simpan makanan tetapi zat aditif juga mungkin memiliki efek negatif pada tubuh. Luangkan waktu untuk mengenal macam-macam zat aditif pada makanan yang umum digunakan dan banhaya bagi tubuh sehingga Anda akan tahu apa yang harus dicari tau dihindari saat berbelanja.

www.slideshare.net