Makalah Zat Aditif

Makalah Zat Aditif

Makalah zat aditif. Demikianlah materi tentang Makalah Zat Aditif Adiktif dan Psikotropika yang sempat kami berikan dapat bermanfaat. Semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak Makalah Revolusi Industri yang telah kami posting sebelumnya.

Semoga materi yang kami berikan dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih.

Makalah zat aditif adiktif dan psikotropika. BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang NAPZA Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif lain adalah bahanzatobat jika masuk kedalam tubuh manusia akan mem engaruhi tubuh terutama otaksusunan saraf pusat sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik psikis dan fungsi sosialnya karena. 12 Tujuan Adapun tujuan disusunnya makalah ini diantaranya sebagai berikut.

1 Memenuhi tugas akhir semester dan dipresentasikan 2 Membahas tentang apa itu zat aditif dan pengelompokkannya 3 Macam-macam bahan kimia yang terkandung dalam zat aditif dan apa keuntungan serta kerugian bagi kesehatan manusia. Makalah zat aditif 1.

Page 1 KATA PENGANTAR Pertama-tama kami ucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena berkat-Nya lah makalah kami yang berjudul Zat Aditif dapat terselesaikan dengan baik.

Makalah Zat Adiktif 1. Makalah Zat adiktif Disusun oleh.

X TKJ2 SMK NEGERI 1 LOSARANG Jl. Raya Pantura Losarang Kab.

0243-507238 Kode Pos. Makalah Zat Adiktif Dan Psikotropika.

Pengertian Macam Contoh Dampak Beserta Solusinya - Menurut WHO dan FAO Zat Adiktif yaitu bahan bahan yang ditambahkan. Makalah zat aditif dan adiktif KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul Zat Aditif dan Zat Adiktif.

Makalah zat aditif dan adiktif KATA PENGANTAR Sembah sujud penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena anugerah dan rahmat-Nya jualah sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Zat Aditif dan Psikotropika ternyata banyak juga yang memiliki dampak yang positif.

Tentu jika penggunaan kedua zat tersebut disesuaikan dengan keperluan dan dosis. Hal ini sebenarnya tidak hanya terjadi dalam kasus obat-obatan.

Zat aditif ini bila ditambahkan pada makanan dapat membantu memperkeras makanan tersebut. Contoh pengeras sintetis yaitu kalium glukonat yang digunakan pada buah kalengan alumunium amonium sulfat yang digunakan pada acar ketimun botol.

Zat aditif ini bila ditambahkan pada makanan dapat membantu untuk mengikat ion logam polivalen. Zat Aditif Dalam membuat sebuah makanan tentu saja kita memerlukan bahan-bahan tambahan yang berfungsi untuk memperkuat cita rasa yang enak dari bahan-bahan makanan yang akan dicampurkan dalam pembuatan makanan tersebut memiliki suatu Zat tertentu yaitu Zat Aditif.

Macam-macam zat aditif pada makanan ini digunakan untuk meningkatkan rasa penampilan tekstur suatu produk atau memperpanjang umur simpannya. Untuk jenis zat aditif buatan beberapa dikaitkan dengan efek kesehatan yang merugikan.

Zat adiktif adalah zat yang menimbulkan ketagihan dan ketergantungan sedangkan zat aditif adalah zat yang ditambahkan ke suatu produk makanan atau minuman yang dimaksudkan untuk mempercantik dan memperpanjang masa penyimpanannya. Zat aditif yang paling umum digunakan oleh masyarakat adalah garam gula cuka dan rempah-rempah atau yang biasa.

Makanan kemasan dan hidangan cepat saji biasanya mengandalkan berbagai zat tambahan untuk meningkatkan cita rasa serta kualitas tampilannya sekaligus juga memperpanjang masa simpan di toko. Meski begitu berbagai zat aditif ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Berikut berbagai zat aditif pada makanan yang paling umum digunakan beserta risiko yang mungkin. Zat aditif ini ditambahkan agar dapat memberikan menambah serta memperkuat rasa dan aroma dari makanan yang ditambahkan.

Beberapa contoh dari zat aditif untuk penyedap rasa dan aroma antara lain yang berasal dari golongan ester seperti Isoamil asetat memberikan rasa pisang isoamil valerat memberikan rasa apel butil butirat memberikan. Beberapa zat yang ditambahkan pada makanan untuk keperluan tertentu dinamakan.

Zat adiksi Jawaban. Kunyit daun suji dan wortel adalah contoh.

Penyedap alamiah Jawaban. Zat Aditif alami merupakan zat aditif yang diperolah dari alam.

Penambahan aditif alami ini tidak akan menimbulkan efek samping dan aman digunakan dalam jumlah besar. Kunyit jahe gula aren asam dan daun pandan.

Jenis zat aditif ini meliputi zat pengawet zat pewarna dan zat pemanis. Zat pengawet dapat memperlambat pembusukan yang disebabkan oleh jamur udara bakteri atau ragi.

Selain itu pengawet juga mampu menjaga kualitas makanan dan membantu mengendalikan kontaminasi pada makanan yang dapat menyebabkan penyakit seperti botulisme. Zat aditif pada makanan ini memiliki peran dalam menambah rasa warna dan umur simpan makanan tetapi zat aditif juga mungkin memiliki efek negatif pada tubuh.

Luangkan waktu untuk mengenal macam-macam zat aditif pada makanan yang umum digunakan dan banhaya bagi tubuh sehingga Anda akan tahu apa yang harus dicari tau dihindari saat berbelanja. Penggunaan zat aditif ini sebenarnya sudah dilarang sejak tahun 1993.

Penggunaan potassium bromate pada makanan dilarang karena bisa menyebabkan kanker. Zat aditif ini merupakan salah satu zat karsinogenik.

Sodium nirite atau natrium nitrit Zat aditif ini sering kali digunakan sebagai bahan pengawet hot dog dan bacon. Makanan yang mengandung.

www.slideshare.net