Makalah Ziarah Kubur

Makalah Ziarah Kubur

Makalah ziarah kubur. Makalah tentang ziarah kubur BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Di antara masalah furuiyah yang diungkit-ungkit oleh kaum yang mengaku dirinya sebagai pem.

SYAIR DOA ABU NAWAS AL- ITIROF SEBUAH PENGAKUAN. MAKALAH ISLAM DAN BUDAYA LOKAL ZIARAH KUBUR O L E h MUHAMMAD JAYADI PROGRAM STUDI KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM DAFTAR ISI KATA PENGANTARII BAB I PENDAHULUAN1 Latar belakang1 Rumusan masalah2 Tujuan2 BAB II PEMBAHASAN3 Pengertian Ziarah kubur Dan Macam Macam Ziarah Kubur3 Ziarah Kubur Antara Bidah.

MAKALAH ZIARAH KUBUR BAB I. Latar Belakang Masalah Ziarah kubur merupakan perkara yang disyariatkan dalam agama kita dengan tujuan agar orang yang melakukannya dapat mengambil pelajaran dengannya dan dapat mengingat akhirat dengan syarat tidak mengatakan disisi kuburan tersebut ucapan-ucapan yang bisa membuat Allah Subhanahu wa.

Maka ziarah kubur itu menunjukkan sunnah dikerjakan mendapat pahala ditinggalkan tidak berdosa. Oleh karena itu ziarah kubur itu disunnahkan apabila.

Mengingatkan kita akan kematian. Mernpertebal keimanan terhadap adanya alam akhirat sehingga orang itu meningkat ketaqwaannya kepada Allah SWT.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Ziarah kubur merupakan perkara yang disyariatkan dalam agama kita dengan tujuan agar orang yang melakukannya dapat mengambil pelajaran dengannya dan dapat mengingat akhirat dengan syarat tidak mengatakan disisi kuburan tersebut ucapan-ucapan yang bisa membuat Allah Subhanahu wa Taala murka seperti berdoa kepada si penghuni.

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ADAB ZIARAH KUBUR DALAM ISLAM Disusun Oleh. Hadi Prasetya 16102003 KELAS B PROGRAM STUDI SISTEM KOMPUTER STMIK STIKOM INDONESIA 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang karena anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Adab Ziarah Kubur Dalam Islam ini.

Menurut Orang Jawa Ziarah kubur merupakan satu dari sekian tradisi yang ada di jawa dan berkembang di masyarakat jawa. Berbagai maksud dan tujuan maupun motivasi selalu menyertai aktivitas ziarah kubur.

Ziarah kubur yang dilakukan oleh masyarakat jawa ke kuburan dianggap keramat sebenarnya ini terpengaruh jawa-Hindu. Hukum Ziarah Kubur Untuk kaum laki-laki ulama fiqih tidak ada pertentangan mengenai hukumnya yakni sunnah.

Bahkan Ibnu Hazm mengatakan Sesungguhnya ziarah kubur itu wajib meski sekali seumur hidup karena ada perintahnya Namun untuk perempuan ulama fiqih berselisih pendapat. Semoga makalah ini bermanfaat bagi pembaca a a mi i n.

Kuningan 24 Desember 201 6. Yang dimaksud dengan ziarah kubur ialah mengunjungi makam kuburan orang-orang Islam dengan maksud untuk mengambil pelajaran yang berkaitan dengan kematian dan kehidupan di akhirat dan mendoakannya supaya dosa-dosa mereka diampuni oleh Allah swt.

Akan tetapi kemudian ziarah kubur diperbolehkan dengan catatan hanya untuk mengingat diri bahwa siapapun akan sendiri terbaring didalam kubur. 2 Ziarah sendiri memiliki pengertian sebagai kunjungan ke tempat yang dianggap keramat atau mulia seperti makam untuk berkirim doa.

Makam bagi masyarakat bukan hanya sekedar mengubur mayat akan tetapi. Adapun perempuan maka tidak ada anjuran ziarah kubur bagi mereka.

Karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda لعن زائرات القبور Allah melaknat para wanita yang berziarah kubur Adapun hikmah hal ini Wallahu alam- karena terkadang muncul fitnah atas mereka dan bagi kaum lelaki ketika mereka ziarah kubur. Pada awal-awal Islam ziarah kubur dilarang untuk mencegah kesyirikan.

Bahkan legalitas melaksanakan ziarah kubur ini telah disepakati oleh seluruh mazhab umat islam. Hal ini seperti disampaikan dalam kitab Hujjah Ahlissunnah Wal Jamaah.

زيارة القبور تجيزها مذاهب المسلمين كلها Ziarah kubur diperbolehkan oleh seluruh mazhab umat islam KH. Ziarah kubur termasuk ibadah yang mulia di sisi Allah.

Islam juga masih menghormati orang-orang yang sudah meninggal. Kebiasaan kita ziarah kubur menjelang Ramadhan atau sesudah pulang shalat Id.

Walaupun sebenarnya bukan diwaktu itu saja yang disyariatkan dalam Islam. Namun banyak di antara kita yang terkadang jarang ziarah kubur.

Ziarah kubur yang dilakukan oleh orang Jawa ke makam yang dianggap keramat sebenarnya akibat pengaruh masa Jawa-Hindu. Pada masa itu kedudukan raja masih dianggap sebagai titising dewa sehingga segala sesuatu yang berhubungan dengan seorang raja masih dianggap keramat termasuk makam petilasan maupun benda-benda peninggalan lainnya Ariyani.

Demikianlah artikel mengenai pengertian ziarah kubur adab ziarah kubur dan tata cara ziarah kubur. Semoga dengan adanya tulisan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat mengenai Ziarah Kubur.

Bagi sobat yang sudah membaca tulisan diatas sobat bisa juga memberi kritik dan saran mengenai tulisan ini di kolom komentar. Ziarah Kubur memiliki dua kata yaitu ziarah dan kubur ziarah artinya menengok mengunjungi dan mendatangi.

Sedangkan kubur adalah makam atau tempat orang dimakamkan disitu. Maka ziarah kubur adalah mengunjungi kuburan atau makam4 Nilai merupakan panduan-panduan yang berasal dari dalam diri untuk bertindak atau bersikap.

Apa hukum ziarah kubur bagi perempuan jika tetap menjaga adab-adab ziarah kubur dan bertujuan untuk mengambil pelajaran dan bersikap khusyu. Pada awalnya Rasulullah SAW melarang ziarah kubur untuk memutus tradisi jahiliah berbangga-bangga dengan ziarah kubur dengan menyebut-nyebut peninggalan nenek moyang.

Maka ziarahilah kuburan karena ziarah kubur itu akan mengingatkan kepada kematian HR. 2255 kitab Al-Janaiz bab Istidzan An-Nabi n Rabbahu U fi Ziyarati Qabri Ummihi 12 Yakni kisah ini terjadi setelah disyariatkannya ziarah kubur.

13 Yaitu ketika ziarah kubur telah disyariatkan setelah sebelumnya dilarang. KOMPASADRIAN FAJRIANSYAH Para ulama hadir dalam kegiatan ziarah kubro di Palembang Sumatera Selatan Minggu 2152017.

Seminggu sebelum Ramadhan masyarakat Palembang memiliki tradisi unik yang harus dilakukan. Tradisi tersebut adalah ziarah kubro atau menziarahi makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam.

Ziarah Kubur diperbolehkan oleh Rasulullah SAW Hadits Buraidah bin Al-Hushaib radhiyallahu anhu dari Rasulullah shallallahu alaihi wa alihi wa sallam beliau bersabda Sesungguhnya aku pernah melarang kalian untuk menziarahi kubur maka sekarang ziarahilah kuburan HR Imam Muslim dan Abu Daud.

id.scribd.com