Sikap Lilin Pengertian Cara Melakukan Manfaat Dan Fungsi

Sikap Lilin Pengertian Cara Melakukan Manfaat Dan Fungsi

Pengertian senam lantai sikap lilin. Cara Melakukan Gerakan Senam Lantai Sikap Lilin Dengan Benar Pengertian Senam lantai sikap lilin adalah sebuah gerakan senam yang dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak berada di atas sedangkan kepala berada dibawah sehingga menyerupai lilin. Untuk mengawali gerakan ini badan terlentang terlebih dahulu kemudian secara perlahan kaki diangkat ke atas dengan otot perut dan bantuan tangan.

Dalam senam lantai terdapat banyak sekali variasi macam gerakan yang bisa dilakukan di atas lantai atau di atas matras dan salah satunya gerakan sikap lilin Dari namanya yang unik tentu bisa membuat kamu menjadi penasaran dan tentunya ingin tahu bagaimana cara melakukan gerakannya. Senam lantai membutuhkan pelatihan yang cukup karena tekniknya mengandalkan kekuatan kelenturan serta keseimbangan tubuh.

Kayang dan sikap lilin adalah salah dua contoh gerakan senam lantai yang harus dikuasai oleh para pesenam. Sikap lilin ialah sebuah gerak dasar dalam senam lantai.

Gerakan ini dapat dilakukan diatas matras dengan posisi badan telentang sikap tidur diikuti gerakan mengangkat kedua kaki rapat tegak ke atas. Sikap lilin diawali dengan posisi tidur telentang.

Selanjutnya rapatkan kedua kaki lalu angkat kedua kaki lurus ke atas. Pada gerakan ini pinggang ditopang oleh kedua tangan lalu posisi pundak tetap menempel pada lantai.

Pada gerakan sikap lilin ini kekuatan otot perut fungsinya sebagai pengangkat kaki. Secara umum yang dimaksud dengan pengertian Gerak sikap lilin adalah sebuah keterampilan dasar yang ada dalam senam lantai yang dilakukan secara tidur terlentang mengangkat kedua kaki rapat lurus ke atas dengan kedua tangan menopang pinggang dan dapat bertahan pada posisi tersebut selama beberapa saat.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan gerakan senam lantai yang satu ini. Gerakan sikap lilin mengandalkan kekuatan otot perut sehingga sering dijadikan sebagai gerakan untuk mengecilkan perut.

Gerakan ini juga melatih kelentukan otot pinggang punggung dan leher. Cara melakukan sikap lilin adalah sebagai berikut ini.

Pengertian senam lantaiTujuan senam lantaiJelaskan tentang gerakan sikap lilinSenam artistik adalahSenam alat adalah. Gerakan sikap lilin ini sudah tak asing lagi dikalangan masyarakat maupun pelajar karena salah satu gerakan senam lantai ini sudah diajarkan sejak dini yang dikamas pada mata pelajaran Penjaskes.

Senam lantai merupakan salah satu cabang dari olahraga senam. Sesuai dengan namanya senam ini dilakukan di atas lantai kebanyakan gerakan dalam senam lantai membutuhkan matras sebagai alat bantu yang berfungsi untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat melakukan gerakan-gerakan yang hampir semuanya bersentuhan dengan lantai.

Sikap lillin merupakan salah satu dari gerakan senam lantai yang biasanya dilakukan di atas matras. Dengan kaki yang tegak berada di atas seemntara kepala berada dibawah sehingga akan berbentuk menyerupai lilin.

Tujuan dari sikap lilin ialah guna melatih keseimbangan tubuh serta menjaga tubuh agar tetap sehat. Gerakan senam lantai antara lain.

Roll depan roll belakang hands stand head stand lompatan harimau lompat kangkang kayang meroda round off salto dan sikap lilin. Senam lantai dapat dilakukan oleh pria maupun wanita dan banyak menggunakan gerakan-gerakan seperti mengguling melompat menolak dengan tangan atau kaki bertumpu pada.

Senam Lantai Sikap Lilin. Sikap lilin merupakan salah satu gerakan dalam olahraga senam lantai yang membutuhkan keterampilan khusus untuk dapat melakukannya.

Pada saat melakukan sikap lilin tubuh bukan hanya melatih otot lengan leher dan perut saja namun juga membutuhkan keseimbangan yang baik agar tidak terjatuh. Sikap lilin merupakan sikap tidur terlentang kemudian kedua kaki diangkat keras di atas rapat bersama-sama pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada lantai.

Dalam melakukan sikap lilin kekuatan otot perut berfungsi untuk kedua tangan menopang pinggang. Cara melakukan gerakan sikap lilin sebagai berikut.

Gerakan senam lantai antara lain. Roll depan roll belakang hands stand head stand lompatan harimau lompat kangkang kayang meroda round off salto dan sikap lilin.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan macam-macam gerakan senam lantai. Pengertian Sikap Kayang dan Cara Melakukannya Pengertian Sikap kayang adalah sebuah gerakan senam lantai dengan posisi kedua tangan dan kaki bertumpu pada matras dengan posisi terbalik kemudian meregang dan panggul serta perut diangkat ke atas.

Manfaat dan tujuan melakukan kayang adalah untuk melatih tubuh agar tetap lentur terutama pada bagian bahu. Pengertian senam lantai adalah kegiatan senam yang dilakukan di atas matras.

Aktivitas olahraga ini berupa kegiatan meloncat berguling berputar dan juga tumpuan pada tangan dan kaki. Senam lantai banyak juga yang menyebutnya dengan latihan bebas.

Istilah ini digunakan karena alat utama dalam senam lantai hanya berupa matras saja. Senam Lantai - Artikel ini menyajikan berbagai informasi terlengkap mengenai olahraga senam lantai yang akan dibahas dalam 18 point pembahasan.

Ke-delapan belas point tersebut mulai dari pengertian senam lantai sejarah gerakan jenis-jenis manfaat dan tujuan sampai dengan gerakan dasar senam lantai. Senama lantai merupakan salah satu bagian dari senam artistic.

Dikatakan senam lantai karena seluruh keterampilan gerakan dilakukan pada lantai yang beralas matras tanpa melinatkan alat lainnya. Luas lantai yang digunaknan dalam kejuaran senam adalah 12 x 12 meter persegi dengan tambahan 1 meter disetiap sisinya sebagai pengaman.

Pengertian senam lantai juga dapat diartikan sebagai cabang olahraga yang dilakukan di atas lantai yang memakai matras yang berukuran 12 x 12 meter. Setelah anda mengetahui secara detail apa pengertian senam lantai berikut kami kupas sejarahnya untuk anda.

perpustakaan.id