Mengenal Tindak Pidana Korupsi Ppt Download

Mengenal Tindak Pidana Korupsi Ppt Download

Pengertian tindak pidana korupsi menurut uu tipikor. Menurut perspektif hukum definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan dalam 13 buah Pasal dalam UU No. 31 Tahun 1999 jo.

Berdasarkan pasal-pasal tersebut korupsi dirumuskan ke dalam tiga puluh bentukjenis tindak pidana korupsi. Pasal-pasal tersebut menerangkan secara terperinci mengenai perbuatan yang bisa dikenakan pidana penjara karena korupsi.

Korupsi Pengertian Penyebab dan Dampaknya. UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Peraturan pemerintah untuk pemberantasan korupsi yang berlaku di Indonesia adalah Undang-undang No. 20 Tahun 2001 yang sering disebut UU Tipikor.

PENGERTIAN TINDAK PIDANA KORUPSI 2. DASAR HUKUM PENERAPAN TINDAK PIDANA.

Kita harus merujuk pada Undang-Undang pemberantasan korupsi. Menurut Shed Husein Alatas ciri-ciri korupsi antara lain sebagai berikut.

Perumusan ketika ditarik menjadi tindak pidana korupsi sesuai Undang-Undang Nomor 20. Bahwa Undang-undang Nomor 3 Tahun 1971 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan kebutuhan hukum dalam masyarakat karena itu perlu diganti dengan Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang baru sehingga diharapkan lebih efektif dalam mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi.

Melakukan tindak pidana korupsi dipidana dengan pidana yang sama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 Pasal 3 Pasal 5 sampai dengan Pasal 14. Setiap orang di luar wilayah Negara Republik Indonesia yang memberikan bantuan kesempatan sarana atau keterangan untuk terjadinya tindak pidana korupsi dipidana.

Sebagaimana diuraikan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam buku Memahami untuk Membasmi. Buku Panduan untuk Memahami Tindak Pidana Korupsi hal.

15 definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan di dalam 13 pasal Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU Tipikor sebagaimana yang telah diubah. Tindak pidana korupsi di Indonesia adalah tindak pidana melawan hukum yang diatur dalam peraturan perundang-undangan tentang tindak pidana korupsi Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU KPK.

Undang-undang No31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 140 Tambahan Lembaran Negara Nomor 3874. Dengan persetujuan bersama DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA dan PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA MEMUTUSKAN.

UNDANG-UNDANG TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG. Di Indonesia sistem pembalikan beban pembuktian dapat dilihat antara lain dalam Undang-Undang No.

31 Tahun 1999 sebagaimana diubah oleh Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU Tipikor tetapi yang diterapkan dalam UU Tipikor adalah sistem pembalikan beban pembuktian yang bersifat terbatas atau.

Sayangnya pada penjelasan pasal ini tidak menjelaskan maksud dari menyalahgunakan wewenang. Di situ hanya menjelaskan bahwa kata dapat sebelum frasa merugikan keuangan atau perekonomian negara diartikan sama dengan Penjelasan Pasal 2 UU Pemberantasan Tipikor yakni tindak pidana korupsi merupakan delik formil yaitu adanya tindak pidana korupsi cukup dengan dipenuhinya unsur.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Tindak Pidana Korupsi. Hal yang menarik dari pembentukan UU Tipikor ini adalah adanya ketentuan pidana minimum khusus di dalam rumusan deliknya terhadap pelaku tindak pidana korupsi.

Hal ini tentu berbeda dengan ketentuan pidana pada umumnya dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana KUHP yang lebih. Menurut perspektif hukum definisi korupsi secara gamblang telah dijelaskan dalam 13 buah Pasal dalam UU No.

31 Tahun 1999 yang telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Berdasarkan pasal-pasal tersebut korupsi dirumuskan kedalam 30 bentukjenis tindak pidana korupsi. Komisi Pemberantasan Korupsi KPK Kepolisian dan Kejaksaan sering menjerat pegawai negeri atau penyelenggara negara yang terlibat dalam tindak pidana merima suap dengan Pasal 12 huruf a Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-undang No31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Pengertian korupsi menurut UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi adalah setiap orang yang termasuk pada kategori melawan hukum melakukan suatu perbuatan yang memperkaya diri sendiri menguntungkan diri sendiri atau orang lain. Pengertian Tindak Pidana Korupsi Tindak pidana korupsi di Indonesia masih merupakan masalah yang sulit untuk diberantas keberadaannya walaupun telah diatur kedudukannya dalam peraturan perundang-undangan.

Sebelum membahas mengenai tindak pidana korupsi penulis akan membahas secara rinci mengenai tindak pidana. Tindak pidana korupsi disebut juga sebagai extraordinary crime yang sangat merugikan keuangan dan perekonomian negara serta pelaksanaan pembangunan nasional.

Berbagai usaha telah dilakukan untuk mengatasi tindak pidana korupsi. Salah satu usaha tersebut adalah dengan dikeluarkannya berbagai peraturan perundang-undangan antikorupsi undang-undang khusus.

Definisi korupsi telah dijelaskan di dalam 13 pasal Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentag Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU Tipikor sebagaimana yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi UU 202001. Korupsi adalah salah satu tindak pidana jika dilakukan oleh seseorang.

Tindak pidana korupsi ini sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok dimana kegiatan tersebut sangat merugikan bangsa dan Negara serta melanggar hukum yang berlaku. Unsur Delik dalam Tindak Pidana Suap Pasal 2 Undang-Undang 11 tahun 1980 tentang tindak pidana Suap yang menyatakanBarang siapa memberi atau menjanjikan sesuatu kepada seseorang dengan maksud untuk membujuk supaya orang itu berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dalam tugasnya yang berlawanan dengan kewenangan atau kewajibannya yang.

slideplayer.info