Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Pengertian Dan Jenis Jenis Ayo Nambah Ilmu

Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Pengertian Dan Jenis Jenis Ayo Nambah Ilmu

Pengertian validitas & reliabilitas instrumen. Validitas dan Zulkifli Matondang 8797 87 VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN Zulkifli Matondang Abstrak Instrumen merupakan suatu alat yang dipergunakan sebagai alat untuk mengukur suatu obyek ukur atau mengumpulkan data dari suatu variabel. Suatu instrumen dikatakan baik bila valid dan reliabel.

Validitas dan reliabilitas instrumen penelitian validitas adalah ketepatan alat ukur instrumen dalam mengukur apa yang hendak diukur. Validitas dapat diukur dengan.

Analisi faktor validitas instrumen ditentukan dengan mengorelasikan antara skor yang diperoleh setiap butir pertanyaan dengan skor totalnya. Persyaratan validitas dan reliabilitas instrumen hendaknya memenuhi persyaratan kepraktisan.

Artinya instrumen tersebut praktis untuk dilaksanakan ringkas mudah dimengerti dan hemat biaya. 1 Sugiyono Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan RD Cetakan Kesepuluh Bandung.

Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. The research instrument is a tool used to collect data or measure objects of a research variable.

To obtain the correct data for the conclusion that is in accordance with the actual situation then required a valid instrument and consistent and. Meskipun istilah reliabilitas dan validitas sekilas hampir identik namun keduanya memiliki arti yang sangat berbeda dalam kaitannya dengan evaluasi pengukuran suatu konsep atau variabel.

Reliabilitas merujuk pada konsistensi ukuran sedangkan validitas menekankan apakah pengukuran benar-benar mengukur suatu konsep. VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN A.

Pengertian Validitas merupakan suatu ukuran yang menunjukkan kevalidan atau kesahihan suatu instrument. Jadi pengujian validitas itu mengacu pada sejauh mana suatu instrument dalam menjalankan fungsi.

Validitas dan reliabilitas menjadi hal yang penting karena validitas berkaitan dengan ketepatan isi dari instrumen dengan tujuan pengembangan instrumen. Sedangkan reliabilitas berkaitan dengan keajegan atau kestabilan instrumen apabila digunakan berkali-kali.

Beberapa ahli mengemukakan pengertian validitas dan reliabilitas sebagai berikut. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen tentunya harus disesuaikan dengan bentuk instrumen yang akan digunakan dalam penelitian.

Reliabilitas adalah tingkat ketetapan suatu instrumen mengukur apa yang harus diukur. Pengertian Validitas Menurut Azwar 1986 Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya.

Suatu skala atau instrumen pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila instrumen tersebut menjalankan fungsi ukurnya atau memberikan hasil. Reliabilitas - Jenis Tujuan Contoh Cara Konsep Pelaksanaan Faktor yang Mempengaruhi Ancaman Pengertian - Banyaknya soal pada suatu instrumen ikut mempe.

Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya Azwar 1986. Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen.

Reliabilitas adalah kesamaan hasil pengukuran atau pengamatan bila fakta atau kenyataan hidup tadi diukur atau diamati berkali-kali dalam waktu yang berlainan. Alat dan cara mengukur atau mengamati sama-sama memegang peranan yang penting dalam waktu yang bersamaan.

Pengertian validitas menurut Aritonang R 2007 adalah instrumen yang berhubungan dengan kemampuan instrumen tersebut dalam mengukur atau mengungkap karakteristik dari variabel yang dimaksudkan untuk diukur. Reliabilitas dapat dinyatakan untuk dua atau lebih pengukuran independen yang diperoleh dari tes yang sama untuk setiap anggota kelompok.

Pengujian Reliabilitas Instrumen a. Metode tes ulang tes re-tes estimate reliabelity Uji reliabilitas dengan metode tes ulang digunakan untuk mengetahui sejauh mana suatu pengukuran dapat diandalkan.

Validitas dan reliabilitas instrumen tidak serta-merta ditentukan oleh instrumen itu sendiri. Menurut Sugiyono 2014 faktor-faktor yang mempengaruhi validitas dan reliabilitas suatu alat ukur instrumen selain instrumen adalah pengguna alat ukur yang melakukan pengukuran dan subjek yang diukur.

Pengertian Uji Validitas dan Reliabilitas Secara Empirik Eurake Pendidikan. Perkembangan konsep penilaian pendidikan yang ada pada saat ini menunjukkan arah yang lebih luas.

Penilaian program pendidikan atau penilaian kurikulum menyangkut penilaian terhadap tujuan pendidikan isi program strategi pelaksanaan program dan sarana pendidikan. Uji Validitas Pengertian Menurut Para Ahli Jenis Cara dan Kegunaan Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Validitas yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian menurut para ahli jenis cara dan kegunaan nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian validitas menurut Azwar adalah sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu instrumen pengukur tes dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu tes dikatakan memiliki validitas yang tinggi apabila alat tersebut menajalankan fungsi ukur secara tepat atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut.

5 Reliabilitas tes dapat juga ditentukan dengan menggunakan persamaan K-R 20 sebagai berikut. 2 2 11 1 s s pq n n r dengan r 11 merupakan reliabilitas tes p adalah proporsi subjek yang menjawab item dengan benar q adalah proporsi subjek yang menjawab item dengan salah.

N adalah banyaknya item dan s adalah standar deviasi. Reabilitas tes bentuk uraian menggunakan rumus alpha yaitu.

Pengertian validitas menurut Azwar adalah sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu instrumen pengukur tes dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu tes dikatakan memiliki validitas yang tinggi apabila alat tersebut menajalankan fungsi ukur secara tepat atau memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut.

ayo-nambah-ilmu.blogspot.com