Hubungan Antara Wawasan Nusantara Dengan Ketahanan Nasional

Hubungan Antara Wawasan Nusantara Dengan Ketahanan Nasional

Pengertian wawasan nusantara dan ketahanan nasional. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Wawasan Nusantara dengan Ketahanan Nasional. Dalam pembahasannya kita juga akan melengkapi dengan menyajikan Latar Belakang Filosofis Wawasan Nusantara Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara Sifat-Sifat Ketahanan Nasional Lembaga-Lembaga Lembaga Ketahanan Nasional serta masih banyak lagi.

Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses.

Oleh karena itu diperlukan suatu konsepsi ketahanan. Apa itu wawasan nusantara.

Pengertian Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan menghargai dan mengutamakan kebhinekaan dalam mencapai tujuan nasional. Secara etimologis kata Wawasan Nusantara berasal dari bahasa Jawa yaitu Wawas Nusa dan Antara.

Fungsi pertama dari adanya wawasan nusantara adalah menjadi konsep atau dasar dalam mengembangkan berbagai macam strategi yang bagus dalam ketahanan nasional. Baik itu ketahanan dalam bidang ekonomi sosial teritorial pangan dan sebagainya wawasan nusantara amatlah penting untuk menjadi konsep dasar ketahanan nasional negeri ini.

Wawasan nusantara adalah menjadi aspirasi bagi bangsa Indonesia serta merupakan cita-cita juga tujuan nasional suatu bangsa dan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945. Untuk mencapai cita-cita dan tujuan itu bangsa Indonesia mesti bisa menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia di tengah keragaman budaya sosial politik dan ekonomi.

Ketahanan Nasional Pengertian Makalah Wawasan Dan Contohnya Lembaga Pertahanan Nasional didirikan pada 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964 dan langsung di bawah Presiden. Pada tahun 1983 lembaga ini berganti nama menjadi Ketahanan National yang berada di bawah Panglima Angkatan Bersenjata ABRI.

Hakekat Wawasan Nusantara adalah keutuhan nusantaranasionalue dalam pengertian. Cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup nusantara dan demi kepentingan nasional.

Berarti setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berfikir bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalam lingkup dan demi kepentingan bangsa termasuk produk-produk yang dihasilkan oleh lembaga negara. Pengertian wawasan nusantara ini ialah suatu cara pandang Bangsa Indonesia tentang diri serta juga lingkungannya itu dengan berdasarkan Pancasila serta UUD 1945 dan juga sesuai dengan geografi daru wilayah nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa di dalam mencapai suatu tujuan atau juga cita-cita nasionalnya.

Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Ketahanan Nasional Oleh Dosen Pendidikan 3 Diposting pada 08092020 Lembaga Ketahanan Nasional Ketahanan Nasional Pengertian Makalah Wawasan Dan Contohnya Lembaga Pertahanan Nasional didirikan pada 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964 dan langsung di bawah.

Pengertian Wawasan Nasional Wawasan Nusantara secara Etimologis Wawasan nasional umumnya lebih dikenal dengan istilah wawasan nusantara. Wawasan Nusantara berasal dari dua kata yaitu wawasan dan nusantara.

Wawasan nusantara pada dasarnya adalah sudut pandang mengenai kondisi geopolitik dan geostrategi Indonesia secara mendasar. Secara harfiah wawasan ini berarti konsep Indonesia sebagai negara kepulauan yang terletak di antara dua benua dan dua samudera.

Berikut ini adalah beberapa pengertian wawasan nusantara berdasarkan dokumen kenegaraan kita serta pendapat para ahli. Wawasan nusantara juga merupakan sumber utama dan landasan yang kuat dalam menyelenggarakan kehidupan nasional sehingga wawasan nusantara dapat disebut sebagai wawasan nasional dan merupakan landasan ketahanan nasional.

Sifat Sifat Ketahanan Nasional. Berikut merupakan sifat-sifat ketahanan nasional antara lain.

Wawasan nusantara merupakan cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional. Pengertian mengenai wawasan nusantara sebenarnya ada beberapa versi.

Postingan ini akan menjelaskan kepada pembaca secara ringkasannya saja. Terdapat banyak pengertian tentang wawasan nusantara namun ada satu pendapat yang telah diusulkan menjadi ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan dibuat di Lemhanas Tahun 1999 yang menyatakan bahwa wawasan nusantara merupakan Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai trategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Wawasan Nusantara adalah pandangan untuk menjadi bangsa yang satu dan utuh dalam satu kesatuan republik Indonesia. Untuk mencapai tujuan nasional maka diperlukan suatu paham geopolitik dan dikembangkan menjadi wawasan nusantara dan diwujudkan sebagai satu kesatuan politik ekonomi sosial budaya pertahanan keamanan.

Ketahanan nasional Indonesia adalah konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan yang selaras serasi dan seimbang dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berlandaskan Pancasila UUD 45 dan Wawasan Nusantara. Pengertian Ketahanan Nasional Adanya ketahanan nasional tentu akan menertibkan segala bentuk yang terjadi di dalam negara.

Umumnya ketahanan nasional ini berisikan suatu keuletan maupun ketangguhan dimana mengandung kemampuan agar mengembangkan kekuatan nasional untuk menghadapi serta mengatasi seluruh tantangan ancaman hambatan maupun gangguan. Pengertian Ketahanan Nasional Ciri Fungsi Sifat Asasnya Lengkap Dalam suatu bangsa maupun negara selalu di butuhkan ketahanan untuk memperkuat suatu bangsa tersebut.

Pada kesempatan kali ini Pendidik akan memberikan pembahasan mengenai ketahanan nasional yang mencakup pengertian ciri fungsi sifat dan asasnya. Untuk itu langsung saja kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Aspek Ketahanan Nasional Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang serasi dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan terpadu berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 dan wawasan nusantara dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan.

id.scribd.com