Analisis Modal Kerja 9th Lecture Ppt Download

Analisis Modal Kerja 9th Lecture Ppt Download

Penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Langkah-langkah penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Menyusun laporan perubahan modal kerja 2.

Untuk mengetahui adanya kenaikan atau penurunan modal kerja beserta besarnya perubahan modal kerja 3. Mengelompokkan perubahan-perubahan dari unsur-unsur non current account ke dalam golongan yang mempunyai efek memperbesar modal kerja dan golongan yang mempunyai efek memperkecil.

Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja 311. Pengertian Analisis Sumber dan Penggunaan Modal Kerja.

Analisis sumber dan penggunaan modal kerja adalah analisis laporan keuangan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang perubahan modal kerja perusahaan serta sebab-sebab perubahan tersebut yang dikenal dengan sumber modal kerja dan penggunaan modal kerja pada suatu periode. Menyusun laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja 10.

Contoh Laporan perubahan modal kerja dan laporan sumber-sumber dan penggunaan modal kerja. Unsur-unsur modal kerja 31121980 31121981 Perubahan Modal Kerja Bertambah Berkurang Aktiva Lancar Kas Rp.

Tujuan laporan perubahan modal kerja adalah memberikan ringkasan transaksi keuangan yang terjadi selama satu periode dengan menunjukan sumber dan penggunaan modal kerja dalam periode tersebut. Laporan perubahan modal kerja akan memberikan gambaran tentang bagaimana management mengelolah perputaran atau sirkulasi modalnya.

MSi Analisis Laporan Keuangan Jawab. Perubahan Modal kerja 31 Des 2008 Keterangan 31 Desember Modal Kerja 2007 2008 Naik Turun Kas 50000 52000 2000 Piutang 70000 60000 10000 Persediaan 50000 44000 6000 Hutang dagang 110000 400000 290000 2000 306000 Penurunan modal kerja 304000 306000 306000 Sumber dan Penggunaan Modal Kerja.

Istilah modal kerja digunakan dalam arti yang berbeda-beda. Pendekatan yang praktis adalah dengan memperkenalkan penggunaan istilah yang ditemui pada laporan tahunan perusahaan dimana modal kerja didefinisikan sebagai aktiva lancar dikurangi kewajiban lancar.

Sumber modal kerja penggunaan modal kerja dan komposisi modal kerja pada akhir periode merupakan faktor-faktor penting dalam membuat penilaian aktvitas perusahaan yang telah lampau dan dalam mempertimbangkan kemungkinan yang dapat dicapai perusahaan pada waktu yang akan datan. Penyusunan Laporan Sumber-sumber dan Penggunaan Modal Kerja.

ANALISIS SUMBER DAN PENGGUNAAN KAS. Sifat Laporan Sumber Dan Penggunan Kas.

Sifat laporan perubahan modal kerja adalah memberikan ringkasan transaksi keuangan selama satu periode dengan menunjukan sumber dan penggunaan modal kerja dalam periode tersebut modal kerja meliputi seluruh aktiva lancar atau aktiva lancar dikurangi utang lancar. Sesuai dengan contoh laporan sumber-sumber dan penggunaan kas di atas maka dapat dibuat laporan sumber dan penggunaan modal kerja sebagai berikut.

Dari tabel tersebut terdapat perubahan modal kerja sebesar Rp40000 artinya ada tambahan modal kerja. Hasil operasi perusahaan yang nampak dari jumlah laba bersih dalam laporan keuangan.

Umumnya tujuan penggunaan modal kerja oleh perusahaan diantaranya untuk melakukan beberapa hal berikut Kashmir 2012258. Pembelian aktiva tetap tanah bangunan kendaraan dan mesin.

Jika kamu mau mempelajari tentang manajemen keuangan atau sedang menjalankan bisnis modal kerja adalah salah satu bab yang wajib kamu kuasai. Modal kerja tidak hanya berhubungan dengan modal awal yang kamu perlukan dalam memulai usaha tetapi cara penghitungan dan penggunaan modal kerja juga berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis atau perusahaan secara berkelanjutan.

Pengelolaan sumber dan penggunaan modal kerja PT Express Transindo Utama Tbk. Fokus dari penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi selama periode 2013-2016.

Analisis data yang digunakan adalah analisis sumber dan penggunaan modal kerja dan analisis rasio keuangan. Penggunaan Pengelolaan Modal Kerja.

Penggunaan modal kerja dapat diketahui dari kenaikan aktiva dan penurunan passive. Secara umum dapat dikatakan bahwa penggunaan modal kerja untuk hal hal berikut.

Pengeluara gaji upah dan biaya operasional perusahaan lainnya. Pengeluaran untuk membeli bahan baku atau barang dagangan.

Langkah-langkah penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Menyusun laporan perubahan modal kerja 2.

Untuk mengetahui adanya kenaikan atau penurunan modal kerja beserta besarnya perubahan modal kerja 3. Penyusunan laporan sumber dan penggunaan modal kerja maka dalam penyusunan laporan sumber dan penggunaan kas dapat pula di lakukan secara langsung dari laporan keuangan atau dengan menggunakan bantuan work sheet mapun rekening T account.

Salah satu analisi laporan keuangan adalah analisis laporan sumber dan penggunaa modal kerja yaitu suatu analisis tentang darimana sumber-sumber dan penggunaan modal kerja dalam suatu perusahaan. Modal kerja merupakan dana yang tersedia dalam perusahaan yang dapat digunakan untuk membelanjai kegiatan operasinya sehari-hari.

Memberikan keterangan atas hasil analisis Laporan Sumber dan Penggunaan Kas yang telah kita buat. Lakukan dengan cara yang sama seperti anda memberikan paparanketerangan atas analisis modal kerja.

Contoh lain penyusunan Laporan sumber dan penggunaan kas apabila data Neraca dan Laba Rugi diketahui. Capital dan modal kerja bersih net working capital.

Modal kerja kotor. Sumber dana jangka panjang dan sebagian modal kerja variable.

Dari neraca dan laporan laba rugi Hotel Gaya dalam jutaaan rupiah diketahui. 2008 2009 Kas 375 425 Piutang 765 835.

Dana dalam Artian Modal Kerja Modal kerja yang dimaksud adalah modal kerja neto. Modal kerja neto yaitu modal kerja yang dihitung dari selisih antara aktiva lancar dengan utang lancar.

Penyusunan Laporan Sumber dan Penggunaan Dana dalam Artian Modal kerja ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai perubahan Modal kerja selama satu periode. Belanja modal hanya sebesar 643 persen sedangkan alokasi anggaran untuk jenis belanja barang dan belanja bantuan sosial memiliki porsi masing-masing sebesar 4977 persen dan 3678 persen.

Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan 2013 Gambar 3 Alokasi anggaran belanja Kementerian Pertanian berdasarkan jenis.

slideplayer.info