Laporan Arus Kas Metode Langsung Dan Tidak Langsung Contoh Dan Penjelasan

Laporan Arus Kas Metode Langsung Dan Tidak Langsung Contoh Dan Penjelasan

Perbedaan antara laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung. Penyusunan Laporan Arus Kas. Terdapat 2 dua bentuk penyajian dalam menyusun laporan arus kas yang pertama metode direct langsung dan yang kedua metode indirect tidak langsung.

Perbedaan pertama dari laporan langsung dan tidak langsung dapat dilihat dari cara penyusunannya. Jadi untuk menyelesaikan Laporan arus kas maka dibutuhkan logika pengerjaan laporan arus kas.

Dengan begitu logika berpikir itulah yang akan membantu rekan-rekan dalam menyelesaikan kesulitan saat penyusunan laporan arus kas. Perbedaan Metode Langsung dan Tidak Langsung.

Perbedaan Penyusunan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung - Ada 2 bentuk dalam penyajian laporan arus kas yaitu sebagai berikut. Direct method Metode langsung Dalam metode ini pelaporan arus kas dilakukan dengan cara melaporkan kelompok-kelompok penerimaan kas dan pengeluaran kas dari kegiatan operasi secara lengkap gross dan baru dilanjutkan dengan kegiatan investasi dan pembiayaan.

Contoh laporan arus kas dengan menggunakan metode tidak langsung dapat di lihat pada gambar di bawah ini. Keunggulan dalam metode ini adalah memusatkan pada perbedaan antara laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasi.

Dalam hal ini metode tersebut menunjukan hubungan antara laporan laba rugi neraca dan laporan arus kas. Metode penyusunan arus kas sendiri secara umum ada dua yaitu Metode Penyusunan Laporan Arus Kas Secara Langsung Dan Tidak Langsung.

Perbedaan kedua metode ini sendiri hanya pada bagian aktivitas operasi perusahaan yang bersangkutan. Investasi dan aktivitas dari pendanaan.

Laporan Arus Kas Metode Langsung dan Tidak Langsung. Sebelumnya mari kita singgung sedikit tentang laporan arus kas.

Menurut pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK laporan arus kas harus dapat menggambarkan secara rinci aliran dana kas masuk dan keluar perusahaan pada periode tertentu dan diklasifikiasikan menurut aktivitas operasi investasi dan pendanaan. Perbedaan metode arus kas langsung dan tidak langsung secara khusus kami kelompokan kedalam 3 bagian dan berikut ini adalah perbedaannya.

1Perbedaan pertama dari kedua metode diatas hanya pada bagian aktivitas operasi perusahaan yang bersangkutan seperti investasi dan aktivitas dari pendanaan. Perbedaan antara metode arus kas langsung dan arus kas tidak langsung terutama bergantung pada cara arus kas bersih diperoleh.

Arus kas bersih yang dihasilkan pada kedua metode ini serupa. Namun metode tidak langsung lebih disukai oleh banyak perusahaan karena sifatnya yang tidak terlalu rumit.

Contoh Laporan Arus Kas Secara garis besar bentuk dari arus kas yang berlaku terdiri atas metode langsung Direct Method dan tidak langsung Indirect Method. Yang wajib diperhatikan ketika akan menyusun laporan arus kas ialah dengan membandingkan neraca selama dua periode yakni periode sebelumnya dan periode sedang berjalan.

Laporan arus kas dengan metode ini dinilai memberikan informasi yang berguna dalam mengestimasi arus kas masa depan dan mudah dipahami oleh para pemakai yang kurang menguasai atau tidak memiliki pengetahuan akuntansi. Arus kas masuk bersih perusahaan tidak sama dengan laba bersih yang diperoleh pada periode tersebut.

FASB menyatakan bahwa untuk membantu pemakai memahami perbedaan. Perbedaan antara arus kas langsung dan metode arus kas tidak langsung terutama tergantung pada cara arus kas bersih sampai.

Aliran kas bersih yang dihasilkan di bawah kedua metode adalah serupa. Namun metode tidak langsung lebih disukai oleh banyak perusahaan karena sifatnya yang kurang rumit.

Adapaun kelebihan dari metode arus kas tidak langsung adalah berfokus pada perbedaan laba bersih dan arus kas dari berbagai aktivitas operasional. Dengan demikian metode ini dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan antara laba dan rugi neraca serta arus kas perusahaan.

Arus kas masukdan keluar dirinci lebih lanjut dalam beberapa jenis penerimaan atau pengeluaran kas sedangkan metode tidak langsung arus kas dari opersional ditentukan dengan cara mengoreksi laba bersih yang dilaporkan di laporan laba rugi dengan beberapa hal seperti biaya penyusutan kenaikan harta lancar dan hutang lancar serta labarugi karena pelepasan investasi. Metode tidak langsung memastikan untuk mengkonversi laba bersih dalam hal arus kas secara otomatis.

Metode langsung di sisi lain mencatat transaksi tunai secara terpisah dan kemudian menghasilkan laporan arus kas. Metode tidak langsung membutuhkan persiapan karena penyesuaian yang dilakukan membutuhkan waktu.

Perbedaan Antara Arus Kas Metode Langsung Dengan yang Tidak Langsung. Laporan dari arus kas metode tidak langsung bertujuan untuk menghitung pergerakan arus kas dari berbagai aktivitas operasional dengan cara menggunakan informasi-informasi akuntansi akrual dan akan selalu dimulai dengan nilai laba bersih.

Dua metode dalam menyajikan laporan keuangan yaitu metode langsung direct method dan metode tidak langsung indirect method. Kedua metode ini berbeda pada penyajian arus kas dari aktivitas operasi.

Sedangkan untuk arus kas dari aktivitas investasi dan pendanaan disajikan sama untuk kedua metode tersebut. Laporan arus kas metode langsung disusun berdasarkan buku kas sedangkan pada metode tidak langsung justru disusun berdasarkan laporan laba-rugi dan neraca perusahaan.

Dengan demikian dalam laporan arus kas metode langsung arus kas kegiatan operasional kemudian akan diklasifikasikan menjadi arus kas masuk dan arus kas keluar. Metode ini memberikan suatu rangkaian hubungan antara laporan arus kas dengan laporan laba rugi dan neraca.

Dalam metode tidak langsung arus kas bersih diperoleh dari aktivitas operasi ditentukan dengan menyesuaikan laba atau rugi bersih dari pengaruh. Perubahan persediaan dan piutang usaha serta hutang usaha selama periode berjalan.

Cara Menyusun Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung. Seperti yang sudah disebutkan di atas jika ada dua metode yang digunakan dalam membuat laporan arus kas yaitu metode langsung dan tidak langsungNah kali ini kita akan secara khusus membahas cara menyusun laporan arus kas metode tidak langsung beserta contohnya.

Penyusunan Laporan Arus Kas dengan Metode Langsung dan Tidak Langsung. Metode Langsung Direct Sesuai dengan namanya maka penyusunan laporan arus kas dengan metode ini dilakukan secara langsung yaitu dengan memasukkan semua data yang berasal dari bank maupun buku kas.

www.akuntansilengkap.com

Related Image with Perbedaan Antara Laporan Arus Kas Metode Langsung Dan Tidak Langsung